Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jubir Sebut Prabowo Diinginkan 100 Persen Kader Gerindra Maju Jadi Capres 2024

Kompas.com - 30/06/2022, 17:39 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil A Simanjuntak, mengungkapkan bahwa hingga kini seluruh kader Gerindra menyatakan solid mendukung Prabowo maju sebagai calon presiden (capres) 2024.

Prabowo yang merupakan Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan itu diinginkan untuk kembali berkontestasi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu, katanya, menegaskan bahwa tidak ada kubu-kubu dalam internal Gerindra.

"Iya itu tentu kalau ditanya ke kader Gerindra, ya 100 persen ingin Pak Prabowo jadi capres," kata Dahnil dalam acara "Gaspol!" Kompas.com, Kamis (30/6/2022).

Baca juga: Gerindra Akan Gelar Rakernas, Minta Jawaban Prabowo untuk Maju Jadi Capres

"Oh enggak ada (kubu), 100 persen di Gerindra itu garis lurus Prabowo untuk presiden," tegasnya.

Meski demikian, diakuinya bahwa belum ada penegasan langsung dari Prabowo untuk menyanggupi dorongan seluruh kader Gerindra agar ia maju capres.

Namun, Dahnil menyatakan bahwa kader akan menanyakan jawaban langsung dari Prabowo terkait capres pada saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerindra yang rencana digelar Agustus mendatang.

"Ya jadi kan belum ada jawaban terang dari Pak Prabowo secara langsung. Jadi secara formal, kemarin partai Gerindra disampaikan oleh ketua harian bahwasanya kita akan tanya langsung di forum Rakernas nanti paling lambat sekitar bulan Agustus," ungkap Dahnil.

Baca juga: Ditanya Soal Koalisi, Prabowo: Di Indonesia, Biasanya Last Minute

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad tidak memungkiri bahwa Rakernas Gerindra yang akan digelar dalam waktu dekat merupakan momentum Prabowo Subianto mendeklarasikan diri sebagai calon presiden.

Dasco mengatakan, dalam rakernas itu Gerindra akan meminta jawaban mengenai kesiapan Prabowo untuk kembali maju sebagai calon presiden.

"Ya kira-kira begitu, kita akan meminta jawaban dari Pak Prabowo untuk meminta kesiapan maju dari Gerindra," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (29/6/2022).

Ia pun mengatakan, agenda rakernas itu adalah menentukan nama calon presiden yang akan diusung oleh Partai Gerindra untuk Pilpres 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com