Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RI Bertransisi Menuju Endemi Covid-19, IDI: Tunggu 2 Pekan Lagi Ada Peningkatan atau Tidak

Kompas.com - 25/05/2022, 14:26 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Zubairi Djoerban mengatakan, perubahan pandemi menuju endemi harus melihat perkembangan kasus Covid-19 setidaknya dalam kurun waktu 2 pekan mendatang.

"Menurut saya perlu 2 minggu ke depan, artinya kita hitung dari awal Ramadhan dan setelah mudik, apakah tidak terjadi peningkatan kasus Covid-19," kata Zubairi saat dihubungi Kompas.com, Rabu (25/5/2022).

Zubairi mengatakan, untuk masuk ke fase endemi pemerintah harus memperhatikan beberapa indikator penanganan Covid-19 seperti angka positivity rate, tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit, angka kematian dan cakupan vaksinasi Covid-19.

Baca juga: Wamenkes: Saat Ini Covid-19 Belum Endemi, tapi Pandemi yang Terkendali

"Positivity rate sekarang Indonesia di bawah 3 persen jadi sudah rendah sekali, yang kedua, perawatan rumah sakit kurang dari 5 persen, Indonesia sekarang sudah kurang dari 3 persen jadi sudah memenuhi syarat, kemudian angka kematian sudah rendah dan vaksinasi sudah memenuhi target 70 persen," ujarnya.

Lebih lanjut, Zubairi menyarankan masyarakat untuk tetap memakai masker meski kasus Covid-19 sudah membaik.

Ia mengatakan, masyarakat boleh tidak menggunakan masker jika beraktivitas di luar ruangan yang tidak padat orang.

"Masker harus dipakai jika masyarakat berada di dalam transportasi publik dan di dalam ruangan tertutup, lansia dan komorbid sebaiknya tetap menggunakan masker," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com