Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Struktur Kepengurusan Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia, Yasonna di Dewan Kehormatan

Kompas.com - 07/06/2021, 11:33 WIB
Rahel Narda Chaterine,
Bayu Galih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI) berharap dapat melayani dan berpartisipasi demi mewujudkan Indonesia yang berkeadilan dan berkesejahteraan.

Hal ini disampaikan Ketua PIKI periode 2020-2025, Badikenita Sitepu, di acara serah terima Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PIKI masa bakti 2020-2025 di Jakarta, Sabtu (5/6/2021) sore.

"Pemerataan kesejahteraan menjadi concern bagi kepengurusan ini sehingga kepengurusan ini terdiri atas sejumlah bidang yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat dan terdiri atas tokoh tokoh di daerah,” kata Badikenita dalam keterangan tertulis, Senin (7/6/2021).

Menurut Badikenita, kepengurusan PIKI saat ini mengambil tema "Tegakkanlah Keadilan" seperti dikutip dari Kitab Amos 5:15.

Ia pun berharap struktur kepengurusan kali ini bisa menjawab berbagai masalah kemanusiaan yang terjadi di Tanah Air, di antaranya yang terjadi di Papua, Sulawesi Tengah, Kalimantan Barat dan beberapa daerah lainnya.

Dalam kesempatan itu, Badikenita menyebut, kajian-kajian serta program DPP PIKI yang akan dikerjakan bersama dengan Perguruan Tinggi Kristen/Lembaga Keumatan, juga akan didistribusikan sampai ke daerah-daerah.

Oleh karena itu, menurut dia, sangat penting untuk memperkuat keberadaan 31 DPD PIKI dan mempermudah pembentukan DPC di Kota/Kabupaten dengan berbasis kelompok studi.

Badikenita juga mengatakan, dalam ramgka menjaga semangat dan efektivitas setiap bidang, DPP PIKI akan melakukan evaluasi rutin yang bertujuan sebagai sarana diskusi untuk saling melengkapi.

Selain itu, Ketua Umum PIKI periode 2015-2020 Baktinendra Prawiro mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas terpilihnya Badikenita Sitepu sebagai Ketua Umum KIPI periode 2020-2025.

Ia berharap PIKI dapat terus melayani di tengah berbagai persoalan bangsa secara aktif dan kritis.

"PIKI ke depan agar menjawab panggilan ke-kristenan di tengah bangsa secara aktif dan kritis bersama GMKI, GAMKI, PWKI, GSKI, PARKINDO, bersama PGI, Perguruan Tinggi Kristen dan lembaga kristen lainnya dalam doa akan dimampukan termasuk suatu saat nanti di Aceh Singkil dapat dibentuk kepengurusan PIKI," ucap Baktinendra.

Berikut susunan DPP Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI) masa bakti 2020-2025:

Ketua Dewan Kehormatan: Prof. Dr. Yasonna H. Laoly.

Ketua Dewan Penasehat: Baktinendra Prawiro, M.Sc., MH.

Ketua Dewan Pakar: Dr. Ir. Pos M. Hutabarat, MA.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com