Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menuju New Normal, Ketua MPR Minta Pemerintah Beri Fasilitas Kesehatan Rumah Ibadah

Kompas.com - 05/06/2020, 16:54 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Icha Rastika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah memberikan fasilitas kesehatan terkait pencegahan penularan Covid-19 di rumah ibadah, seiring akan dimulainya penerapan kenormalan baru atau new normal.

Langkah ini, kata dia, perlu dilakukan agar aktivitas di rumah ibadah dapat dipastikan aman dari penularan Covid-19.

"Mendorong pemerintah dapat membantu memberikan fasilitas di rumah ibadah dan di pesantren dalam penyediaan sarana pendukung penerapan protokol kesehatan covid-19," kata Bambang dalam keterangan tertulis, Jumat (5/6/2020).

Baca juga: 703 Kasus Baru Covid-19 di 28 Provinsi: Jatim Bertambah 141, Jakarta 76

Bambang mengatakan, bantuan fasilitas kesehatan itu dapat berupa penyediaan disinfektan, hand sanitizer, sabun, dan alat pengukur suhu tubuh.

"Pemerintah pusat dan pemerintah daerah dapat memberikan bantuan tersebut dengan mengalokasikan anggaran secara khusus untuk rumah ibadah dan pesantren," ujar dia. 

Lebih lanjut, Bambang meminta pemerintah untuk selalu memberikan informasi dan bimbingan mengenai tatanan baru atau new normal yang dicanangkan kepada organisasi keagamaan, tokoh agama dan masyarakat, terutama tentang tata cara beribadah.

Baca juga: Pemerintah Diingatkan Lakukan Hal Ini Sebelum Berlakukan New Normal

Ia juga meminta pemerintah pusat dan daerah memantau situasi di setiap wilayah agar penerapan kenormalan baru agar tidak menimbulkan masalah baru.

"Agar tidak menimbulkan hal kontraproduktif atau menimbulkan masalah baru, dengan memperhatikan situasi dan kondisi di tiap wilayah," ucap dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com