Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISNU: Seandainya ISIS Menang, Apakah WNI Itu Juga Minta Pulang?

Kompas.com - 10/02/2020, 20:02 WIB
Achmad Nasrudin Yahya,
Icha Rastika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kholid Syeirazi menilai, wacana pemulangan eks anggota Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) tak mencerminkan visi pemerintah dalam memberantas radikalisme.

"Kami jelas menolak dengan keras bahwa rencana pemulangan itu sama sekali tidak mencerminkan visi pemerintah untuk memberantas radikalisme," ujar Kholid saat dihubungi Kompas.com, Senin (10/2/2020).

Kholid menyebut, eks ISIS berangkat ke Suriah atas inisiatif sendiri atau secara sukarela.

Hal itu tak lepas dari faktor paham ideologi yang diyakininya dapat menjelma seperti yang diperjuangkan ISIS.

Baca juga: Din Syamsuddin: Pemulangan WNI Terduga Teroris Perlu Dikaji dalam Aspek Konstitusi

Namun demikian, kata Kholid, setelah resmi bergabung dengan ISIS, para warga negara Indonesia (WNI) justru ingin pulang setelah mengalami kekalahan.

Sebaliknya, menurut Kholid, para WNI tersebut belum tentu berkeinginan pulang apabila kemenangan berpihak pada ISIS.

"Kita berandai-andai. Seandainya ISIS menang, apakah WNI itu juga menangis dan minta pulang? Itu kalau menang. Kan kita bisa secara hipotesis menyatakan bahwa mungkin mereka begitu menang tidak akan minta pulang, juga mereka tetap akan pongah," kata Kholid.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius mengatakan, rencana pemulangan ratusan WNI eks ISIS masih dalam tahap pembahasan dengan beberapa instansi terkait.

"Iya (belum diputuskan), masih dibahas di Kemenkopolhukam melibatkan kementerian dan instansi terkait," kata Suhardi kepada Kompas.com, Minggu (2/2/2020).

Senada dengan Suhardi, Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan bahwa saat ini pemerintah masih mengkaji kemungkinan pemulangan WNI eks ISIS ke Indonesia.

"Rencana pemulangan mereka itu belum diputuskan pemerintah dan masih dikaji secara cermat oleh berbagai instansi terkait di bawah koordinasi Menkopolhukam," kata Fahrul, dikutip dari situs resmi Kemenag (2/2/2020).

"Tentu ada banyak hal yang dipertimbangkan, baik dampak positif maupun negatifnya," ucap dia. 

Menurut Fachrul, pemerintah masih mempertimbangkan masukan dari berbagai pihak, seperti BNPT.

Baca juga: Jika WNI Eks ISIS Jadi Dipulangkan, Pemerintah Disarankan Pilah Peran Mereka

Dalam pembahasan itu, BNPT menekankan pentingnya upaya pembinaan dan deradikalisasi WNI eks ISIS jika nantinya mereka akan dipulangkan.

Upaya pembinaan tersebut, kata Facrul, bukan hal mudah, mengingat para WNI eks ISIS sudah terpapar dengan ideologi yang sangat radikal.

Pihaknya pun akan terus mengupayakan jalan terbaik dengan menjalin komunikasi dengan berbagai pihak.

"Kita akan terus upayakan langkah terbaik, dengan menjalin sinergi semua elemen masyarakat. Tidak hanya pemerintah, tapi juga LSM dan ormas keagamaan," kata dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com