Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran Caketum PAN Dibuka 8 Februari, Ini 4 Kandidatnya

Kompas.com - 07/02/2020, 10:57 WIB
Tsarina Maharani,
Fabian Januarius Kuwado

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Panitia Pengarah Kongres V PAN Saleh Partaonan Daulay mengatakan, pendaftaran calon ketua umum PAN dibuka pada Sabtu, 8 Februari 2020.

"Pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 8 Februari. Selanjutnya, panitia pemilihan akan melakukan verifikasi terhadap persyaratan dan kelengkapan berkasnya," kata Saleh kepada wartawan, Jumat (7/2/2020).

Saleh menyebut, hingga kini sudah ada empat kandidat caketum yang akan berkontestasi di Kongres PAN.

Baca juga: Amien Rais Diminta Tak Intervensi Kongres PAN, Abdillah Toha: Bikin Ruwet

Mereka adalah Mulfachri Harahap, Dradjad Wibowo, Asman Abnur dan Zulkifli Hasan.

Zulkifli diketahui saat ini merupakan Ketua Umum PAN.

"Keempat kandidat ini telah resmi menyatakan kesediannya untuk ikut berkompetisi dalam pesta demokrasi internal PAN tersebut," ujar Saleh.

"Bahkan menurut laporan yang diterima, mereka juga telah turun ke wilayah dan daerah untuk melakukan sosialisasi," lanjut dia.

Saleh yakin keempat kandidat layak bersaing memperebutkan kursi Ketua Umum PAN.

Baca juga: Kongres PAN, Amien Rais Diminta Mengayomi Semua Calon Ketum

"Dari keempat calon yang ada, saya yakin semuanya memenuhi persyaratan. Mereka adalah kader terbaik PAN yang ada. Tinggal pengukuhan mereka secara resmi nanti akan dilakukan di kongres," ujar dia.

Ia menjelaskan, pemilihan ketua umum dalam Kongres PAN akan melalui mekanisme musyawarah mufakat.

Namun, Saleh mengatakan tidak menutup kemungkinan keputusan dilakukan dengan mekanisme voting.

"Dalam AD/ART PAN, pengambilan keputusan diutamakan musyawarah mufakat. Namun jika tidak bisa tercapai mufakat, maka akan dilakukan pemungutan suara. Saya kira, ini proses normal dan biasa dalam demokrasi," kata Saleh.

Diketahui, Kongres V PAN diselenggarakan pada 10-12 Februari 2020 di Kendari, Sulawesi Tenggara. Agenda kongres adalah pemilihan Ketua Umum PAN periode 2020-2025.

Baca juga: Zulkifli Hasan Sebut Kongres PAN Digelar di Sulawesi Tenggara

Ketua Steering Committe (SC) Kongres PAN Eddy Soeparno mengatakan, ada 590 pemilik suara untuk pemilihan ketua umum PAN.

Jumlah itu terdiri dari 34 dewan pimpinan wilayah (DPW), 514 dewan pimpinan daerah (DPD), serta hak suara ketua, sekretaris jenderal, dan bendahara umum.

"514 DPD ketua yang memiliki hak suara. Tiga suara DPP, ketum, sekjen, bendum, majelis pertimbangan pusat (MPP) 1 suara dan sayap partai dan perwakilan luar negeri," ucap Eddy di Kantor DPP PAN Jalan Daksa I Nomor 10, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (30/1/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com