Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demokrat Usung Syarief Hasan Jadi Pimpinan MPR Periode 2019-2024

Kompas.com - 03/10/2019, 13:28 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Icha Rastika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Fraksi Partai Demokrat di MPR Guntur Sasono mengatakan, partainya mengusung Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan menjadi pimpinan MPR periode 2019-2024.

"Kita ajukan bapak Syarief Hasan, beliau senior di partai," kata Guntur di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Guntur berharap, Syarief Hasan dapat menjadi ketua MPR yang disepakati secara musyawarah dan mufakat.

Baca juga: Ingin Jadi Ketua MPR, Fadel Muhammad Sebut Sudah Lobi PDI-P dan Golkar

Hal ini, kata dia, akan mengulang sejarah ketika Partai Demokrat sebagai pemenang pemilu menyerahkan posisi ketua MPR kepada PDI-P.

"Kita minta doanya agar pak Syarief Hasan bisa jadi ketua MPR, ini pernah kita lakukan dalam bentuk kemarin musyawarah mufakat pada waktu Demokrat pemenang pemilu. Kita ingat waktu itu pak Taufiq Kiemas almarhum pernah jadi ketua MPR atas kebersamaan dari Demokrat," ujar dia.

Guntur mengatakan, saat ini seluruh fraksi tengah melakukan lobi-lobi guna memperebutkan kursi ketua MPR.

Selain itu, ia mengatakan, Partai Demokrat belum mengambil sikap untuk mendukung Bambang Soesatyo atau Ahmad Muzani menjadi ketua MPR.

"Saya belum bisa menyebut ini yang mengerucut pada Bamsoet. Ini adalah hak semua fraksi dan hak semua yang diajukan untuk menjadi ketua," kata dia.

Baca juga: 136 Anggota DPD Dukung Fadel Muhammad Jadi Ketua MPR

Pada Kamis (3/10/2019) ini sedang berlangsung rapat gabungan antara pimpinan sementara MPR bersama masing-masing fraksi partai politik DPR dan kelompok DPD terkait persiapan pemilihan pimpinan MPR periode 2019-2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com