Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wiranto: Papua dan Papua Barat Sudah Tenang

Kompas.com - 01/09/2019, 13:09 WIB
Rakhmat Nur Hakim,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyatakan saat ini situasi keamanan di Papua dan Papua Barat berangsur aman.

Ia meminta seluruh elemen masyarakat menjaga situasi tetap aman.

"Hari ini kita sangat bersyukur ya, bahwa kita mendengar saudara-saudara kita di Papua - Papua Barat sana sudah berdamai, sudah tenang, kehidupan mulai berjalan lagi, toko-toko sudah buka," ujar Wiranto dalam acara kesenian masyarakat Papua di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (1/9/2019).

Baca juga: Ditanya Kapan Tarik Pasukan TNI-Polri di Papua, Ini Kata Wiranto

Wiranto menambahkan, melalui acara kesenian khas Papua ini, terlihat pula masyarakat Papua diterima dengan baik di Indonesia.

Dalam acara tersebut Wiranto turut menyanyikan lagu Maluku Tanah Pusaka.

Beberapa lirik ia ubah untuk menunjukkan persaudaran bangsa Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke.

Ia pun mengingatkan masyarakat di Papua dan Papua Barat tak lagi bertindak anarki dan menyampaikan aspirasi secara damai.

Baca juga: Wiranto: Kalau Papua Sudah Damai, untuk Apa Medsos Diblok...

Wiranto juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tokoh Papua yang telah membantu pemerintah menciptakan situasi yang aman usai kerusuhan.

"Terima kasih kepada temen-temen di Papua - Papua Barat yang sudah sadar bahwa tidak perlu kita berkelahi, tidak perlu kita anarki, tidak perlu kita bakar-bakaran," ujar Wiranto.

"Kita semua mencoba untuk menyiarkan bahwa kita semua bersaudara untuk mengambarkan ke seluruh Indonesia, ke seluruh dunia, bahwa kita semua bersaudara, dan kita siap menyelesaikan masalah ini dengan sebaik-baiknya," lanjut dia.

Kompas TV Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas terkait penanganan di Papua. Rapat digelar bersama wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Polhukam Wiranto, Kepala BIN Budi Gunawan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sesneg Pratikno, dan Seskab Pramono Anung di Istana Merdeka.<br /> <br /> Presiden menyatakan, siapa pun yang melanggar hukum akan ditindak tegas. Tidak ada toleransi bagi perusuh, pihak yang berbuat anarkistis dan rasialis. Presiden juga menginstruksikan jajaranya untuk menjaga dan memulihkan kondisi keamanan di Papua dan fasilitas umum serta obyek vital yang rusak akibat kerusuhan di Papua segera diperbaiki.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com