Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Minta Pemuka Agama Dilibatkan untuk Edukasi Bencana

Kompas.com - 02/02/2019, 18:02 WIB
Fabian Januarius Kuwado,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mulai menggencarkan sosialisasi edukasi bencana di masyarakat.

Agar semakin masif dampak positifnya, Presiden meminta BNPB melibatkan pemuka-pemuka agama.

"Lakukan edukasi kebencanaan. Tahun ini harus dimulai. Terutama di daerah rawan bencana. Gunakan sekolah-sekolah, gunakan pemuka-pemuka agama," ujar Jokowi dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional 2019 Penanggulangan Bencana di Surabaya, Sabtu (2/2/2019).

Presiden juga meminta BNPB menggencarkan simulasi menghadapi bencana secara berkala, teratur dan berkesinambungan.

Baca juga: Maruf: Pak Jokowi Tak Hanya Minta Dukungan Ulama, tapi Menggandeng Ulama

Jokowi berkaca pada Jepang yang sedemikian siap menghadapi bencana. Ia melihat di sejumlah video, apabila Jepang diguncang gempa, masyarakat tampak tidak panik. Mereka tetap melakukan aktivitas seperti biasa.

Namun, apabila gempa diiringi dengan bunyi sirine tertentu, barulah mereka bergegas menuju tempat evakuasi yang sudah disiapkan sebelumnya.

"Lakukan itu (simulasi menghadapi bencana) di tingkat RT, RW, sehingga masyarakat kita siap menghadapi setiap bencana. Memang yang banyak menelan korban itu gempa bumi dan tsunami," lanjut Jokowi.

Seiring dengan itu, pemerintah juga akan mensosialisasikan struktur unsur penanganan bencana apabila sebuah daerah mengalami bencana alam, yakni gubernur akan menjadi komandan satgas penanganan bencana dan Kepala Polda serta Panglima Kodam akan menjadi wakilnya.

"Ini harus diingat. Jadi, jangan sedikit-sedikit ke pusat," ujar Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com