Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu Pangeran Arab Saudi, Kalla Bahas Kilang Minyak di Cilacap

Kompas.com - 01/12/2018, 13:19 WIB
Kristian Erdianto,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed Bin Salman di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Buenos Aires, Argentina, Jumat (30/11/2018).

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin negara membahas tentang peningkatan kerjasama ekonomi bilateral di berbagai bidang, termasuk kilang minyak, IT dan pelatihan tenaga kerja.

Kalla menjelaskan bahwa pembangunan salah satu situs kilang minyak di Cilacap erat kaitannya dengan investasi Arab Saudi di Indonesia. Keduanya sepakat pembangunan kilang tersebut akan dipercepat.

“Kita kan sudah ada perjanjian untuk membangun kilang minyak di Cilacap, investasinya cukup besar sekitar 6 miliar dollar AS. Mereka minta dipercepat untuk dimulainya,” ujar Kalla seperti dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (1/12/2018).

Kalla mengakui faktor terhambatnya pembangunan kilang minyak ada pada pihak Indonesia. Pemerintah belum menyiapkan lahan untuk kebutuhan tersebut.

“Kita harus mengakui terhambatnya itu ada di pihak kita yang belum menyelesaikan masalah lahan, untuk itu mereka minta dipercepat," ucapnya.

Pemerintah berharap dengan adanya kilang minyak di Cilacap, Indonesia memiliki tempat penyimpanan minyak yang cukup besar.

Dengan demikian, kata Kalla, pemerintah dapat mengurangi impor minyak.

“Kami harap kalau kilang minyak jadi, kita bisa mengurangi impor minyak, tutur Kalla.

Dalam pertemuan bilateral dengan Pangeran Mohammad Bin Salman, Kalla didampingi oleh Menpan RB Syafruddin, Menkominfo Rudiantara, Wakil Menlu Mohammad Fachir dan sekretaris Wakil Presiden Mohammad Oemar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com