Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Dorong Generasi Milenial jadi Wirausahawan Sosial

Kompas.com - 30/10/2018, 17:51 WIB
Christoforus Ristianto,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salihuddin Uno mendorong generasi milenial untuk menjadi wirausahawan sosial. Sebab, bagi Sandi, Pemilu 2019 adalah tentang ekonomi.

"Pesan utamanya adalah ekonomi. Lapangan pekerjaan, pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), harga stabil, dan terjangkau dengan program yang berpihak kepada ekonomi rakyat " kata Sandi saat bertemu dengan influencer muda di Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (30/10/2018).

Sandi menambahkan, dirinya selalu senang jika bertemu dengan teman-teman baru, khususnya generasi milenial. Pasalnya, anak muda memiliki kenginan untuk memperbaiki Indonesia.

Baca juga: Sandiaga: Sekarang Suara Generasi Milenial Kita Sudah Ungguli Jokowi

"Kalau saya lihat ini ciri-ciri semangat anak-anak muda untuk memastikan Indonesia lebih adil dan makmur lagi. Ini momentum kita," tuturnya.

Menuju tahun 2020, seperti diungkapkan Sandi, Indonesia akan mengalami bonus demografi. Artinya, resolusi yang sejatinya dikedepankan adalah menjadi tuan rumah di negeri sendiri melalui pembenahan ekonomi.

Ia menjabarkan, pembenahan tersebut dimulai dengan wirausaha sosial yang memiliki sifat partisipatif kolaboratif.

"Semua dari kita harus menjadi solusi di kehidupan sehari-hari. Kita enggak akan bisa menyelesaikan permasalahan sosial dengan pendekatan business as usual," paparnya.

Sandi mencontohkan, wirusaha sosial bisa diterapkan kepada para tunawisma dengan memberikan pendidikan urban farming.

"Akhirnya mereka sudah tidak rentan lagi terhadap tawuran, narkoba, dan lainnya. Malahan punya kemampuan untuk menambah nilai ekonomi," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com