Polri Beri Penghargaan Kepala Polisi Lima Negara, Ini Harapan Wapres - Kompas.com

Polri Beri Penghargaan Kepala Polisi Lima Negara, Ini Harapan Wapres

Kompas.com - 14/02/2018, 17:35 WIB
Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Tito Karnavian ketika ditemui di kantor Wapres RI, Jakarta, Rabu (14/2/2018).KOMPAS.com/ MOH NADLIR Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Tito Karnavian ketika ditemui di kantor Wapres RI, Jakarta, Rabu (14/2/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala kepolisian dari Singapura, Australia, Filipina, Malaysia, dan Brunei Darussalam menerima penghargaan Bintang Bhayangkara Utama dari Kepolisian RI.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla pun berharap hubungan antara Polri dengan kepolisian lima negara asing tersebut akan semakin baik.

"(Wapres) berharap hubungan antara kepolisian Indonesia dengan kepolisian-kepolisian negara yang kita berikan penghargaan akan semakin baik dari waktu ke waktu," kata Kapolri, Jenderal Tito Karnavian, di kantor Wakil Presiden RI, Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Kalla juga mengapresiasi pemberian penghargaan tersebut. Polri sendiri baru pertama kali memberikan anugerah itu untuk kepala kepolisian negara asing.

"Beliau (wapres) menghargai, karena para kepala kepolisian yang diberikan penghargaan semua adalah tetangga kita," kata Tito.

(Baca juga: Kapolri: Penghargaan untuk Kepala Kepolisian Negara Asing karena Hubungan Baik)

Apalagi, selama ini, cukup banyak persoalan yang terkait dengan kepolisian negara-negara asing tersebut. Dengan demikian, kerja sama diharapkan dapat meningkat dengan pemberian penghargaan itu.

"Memang cukup banyak problem transnasional dengan negara tetangga kita," kata Tito.

Pihak penerima penghargaan tersebut adalah Kepala Kepolisian Singapore Komisioner Hong Wee Teck, Kepala Kepolisian Brunei Darussalam Dato Paduka Seri Haji Mohd Jammy Bin Haji Muhd Syah Al Islam, Kepala Kepolisian Filipina Police Director General Ronald M Dela Rosa, dan Kepala Kepolisian Malaysia Inspector General of Police Tan Sri Dato Sri Mohammad Fuji.

Selain itu, penghargaan juga diberikan pada Kepala Kepolisian Australia yang diwakili Commander Jamie Strauss, Manajer AFP Asia Tenggara serta mantan Kepala kepolisian Malaysia, yang diwakili Komisioner Deputi Polis Dato Ramli bin Mohamed Yoosuf Setia Usaha Polis Diraia Malaysia (SUPM).

Pemberian penghargaan berdasarkan keputusan Presiden Joko Widodo yang ditetapkan pada September 2017.

Kompas TV Beberapa pekan terakhir, sering dibahas persoalan revitalisasi sungai Citarum.


Komentar

Close Ads X