Berawal dari Sumbar, Jokowi Akan Berikan Sertifikat ke Masjid se-Indonesia - Kompas.com

Berawal dari Sumbar, Jokowi Akan Berikan Sertifikat ke Masjid se-Indonesia

Kompas.com - 10/02/2018, 07:57 WIB
Presiden Joko Widodo saat bercengkerama dengan alim ulama asal Sumatera Barat usai menunaikan shalat Jumat di Masjid Raya Sumatera Barat, Jumat (9/2/2018).Fabian Januarius Kuwado Presiden Joko Widodo saat bercengkerama dengan alim ulama asal Sumatera Barat usai menunaikan shalat Jumat di Masjid Raya Sumatera Barat, Jumat (9/2/2018).

PADANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menyerahkan 18 sertifikat tanah kepada pengurus masjid, surau atau mushala yang ada di Sumatera Barat.

Presiden Jokowi sekaligus mengumumkan, pemerintah melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) akan menyelesaikan surat sertifikat masjid, surau dan mushala di seluruh Sumatera Barat.

Penyerahan 18 sertifikat sekaligus pengumuman tersebut dilaksanakan di Masjid Raya Sumatera Barat, Kota Padang, Jumat (9/2/2018) kemarin.

"Saya sudah memerintahkan kepada Menteri BPN agar seluruh masjid, surau dan mushala yang ada di Sumatera Barat, diberikan sertifikatnya. Ini harus diselesaikan dalam dua tahun, tidak lebih," ujar Presiden Jokowi.

Masyarakat yang hadir di dalam masjid tampak senang dengan pengumuman tersebut. Mereka memuji program tersebut menggunakan bahasa daerah Minang.

(Baca juga: Presiden Serahkan 4.000 Sertifikat Tanah di Sumatera Barat)

 

Kebijakan ini didasarkan pada informasi yang didapatkan Presiden Jokowi selama kunjungan kerja ke daerah-daerah.

Presiden sering mendapatkan informasi bahwa masih banyak masjid yang tidak bersertifikat dan hal itu memicu sengeketa.

"Oleh sebab itu dengan adanya tanda bukti hak hukum atas tanah, yaitu sertifikat, maka yang namanya sengketa bisa dihilangkan," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi memastikan bahwa program penyelesaian sertifikat bagi masjid, surau dan mushala tersebut tak hanya akan dilaksanakan di Provinsi Sumatera Barat, melainkan juga di seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Namun, program itu akan dilaksanakan secara bertahap.

"Ini nanti juga akan kita lakukan di seluruh masjid yang ada di Tanah Air. Semuanya, masjid, mushala, surau harus diberikan sertifikat. Ini tanggung jawabnya Pak Menteri BPN (Sofyan Djalil)," ujar Jokowi.

Kompas TV Sertifikat ini merupakan program percepatan dari keluhan warga yang tanahnya selalu menjadi sengketa, karena tidak memiliki sertifikat.

 


Komentar

Close Ads X