Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Partai Lama Mulai Verifikasi Faktual Besok, Ini Jadwalnya

Kompas.com - 27/01/2018, 17:03 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) akan memulai proses verifikasi faktual 12partai politik (parpol) lama besok, Minggu (28/1/2018). Ketua KPU Arief Budiman menuturkan, verifikasi faktual terhadap 12 partai peserta pemilu 2014 itu merupakan tindak lanjut putusan Mahkamah Konstitusi (MK) 53/2018.

“Besok kami akan mulai. Kami sudah susun jadwalnya,” kata Arief dalam konferensi pers di Gedung KPU RI, Jakarta, Sabtu (27/1/2018).

Arief mengatakan, pada hari pertama, tim KPU akan memverifikasi faktual lima parpol. Mereka yaitu Partai Nasdem, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), serta Partai Demokrat.

Sementara itu pada hari kedua atau Senin (29/1/2018), tim KPU akan memverifikasi tujuh parpol. Mereka adalah Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), serta Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Baca juga : Parpol Lama Enggan Verifikasi Faktual karena Tak Siap

Kemudian Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Lebih lanjut Arief mengatakan, KPU membagi tiga tim verifikator yakni tim A, tim B, dan tim C.

Satu tim terdiri dari dua komisioner dan empat sekretariat. Satu tim verifikator akan didampingi dan diawasi oleh satu anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum RI (Bbawaslu).

“Kami sengaja melakukan pengundian untuk menentukan tim verifikator, komisioner dan tim akan melakukan verifikasi faktual ke partai apa, tanpa ditentukan dan dipilih oleh mereka sendiri,” imbuh Arief.

Baca juga : Berubah, Begini Metode KPU Verifikasi Faktual 12 Partai Pasca-Putusan MK

“Ini penting kami lakukan untuk menghindari ketidaknyamanan di antaranya kami sendiri. Menghindari prasangka kenapa si A memverifikasi Partai B, mengapa si C memverifikasi Partai D,” kata dua,

Adapun hasil pengundian tim sebagai berikut: tim A (Ilham Saputra, Wahyu Setiawan), tim B (Pramono Ubaid Tanthowi, Viryan Azis), dan tim C (Hasyim Asy’ari, Evi Novida Ginting Manik).

Berikut jadwal lengkap verifikasi faktual 12 partai politik:

Hari Minggu (28/1/2018)

Partai Nasdem jam 10.00-11.00 wib, verifikator tim C.

PBB jam 10.00-11.00 wib, verifikator tim B.

PAN jam 12.00-13.00 wib, verifikator tim A.

Partai Hanura jam 14.00-15.00 wib, verifikator tim C

Halaman:
Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com