"Untuk Membangun Negara Harus Ada Gotong Royong di Antara Kita.." - Kompas.com

"Untuk Membangun Negara Harus Ada Gotong Royong di Antara Kita.."

Moh. Nadlir
Kompas.com - 12/01/2018, 21:51 WIB
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (kiri) menyampaikan sambutan di depan jemaat gereja disaksikan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (ketiga kiri), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kedua kiri) dan Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo (kanan) saat meninjau misa Malam Natal di Gereja Katedral, Jakarta, Minggu (24/12/2017). Peninjauan tersebut dilakukan guna memastikan pengamanan malam Natal di sejumlah gereja di Jakarta. ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (kiri) menyampaikan sambutan di depan jemaat gereja disaksikan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (ketiga kiri), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kedua kiri) dan Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo (kanan) saat meninjau misa Malam Natal di Gereja Katedral, Jakarta, Minggu (24/12/2017). Peninjauan tersebut dilakukan guna memastikan pengamanan malam Natal di sejumlah gereja di Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kualitas kerukunan di tengah dinamika dan tantangan keberagaman Indonesia saat ini.

"Keberagaman harus kita lihat sebagai sebuah keniscayaan dan anugerah bangsa Indonesia," ujar Tjahjo dalam acara perayaan Natal di lingkungan Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Tjahjo pun berharap, apapun tantangan yang dihadapi Indonesia saat ini tak menurunkan semangat dalam membangun kebersamaan dan kerukunan antar masyarakat.

"Saya sedih melihat toleransi di antara kita tidak ada. Ini yang harus ditumbuhkan. Untuk membangun negara harus ada gotong royong diantara kita. Ini yang ingin saya tumbuhkan," kata dia.

Apalagi kata Tjahjo, pemerintah itu satu, bekerja untuk semua warga negara tanpa membedakan suku, warna kulit, keyakinan dan agama yang ada.

"Ini yang saya lakukan juga selama saya jadi Menteri. Keliling ke beberapa gereja. Itulah Indonesia kita yang indah yang punya ideologi pancasila. Tanpa ada kebersamaan, rasa damai sejahtera ini tidak bisa terbentuk," kata dia.

PenulisMoh. Nadlir
EditorDiamanty Meiliana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM