PDI-P dan PPP Sepakat Usung Djarot-Sihar di Pilkada Sumut - Kompas.com

PDI-P dan PPP Sepakat Usung Djarot-Sihar di Pilkada Sumut

Rakhmat Nur Hakim
Kompas.com - 10/01/2018, 11:24 WIB
Bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut Djarot Saiful Hidayat (kanan) dan Sihar Sitorus berjabat tangan saat pengumuman cagub-cawagub yang diusung PDIP di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (7/1). PDIP resmi mengumumkan para cagub dan cawagub enam provinsi yakni provinsi Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur pada Pilkada 2018. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww/18.SIGID KURNIAWAN Bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut Djarot Saiful Hidayat (kanan) dan Sihar Sitorus berjabat tangan saat pengumuman cagub-cawagub yang diusung PDIP di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (7/1). PDIP resmi mengumumkan para cagub dan cawagub enam provinsi yakni provinsi Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur pada Pilkada 2018. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww/18.

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira memastikan Demokrat bersama Partai Persatuan Pembangunan ( PPP) sepakat mengusung Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus di Pilkada Sumatera Utara.

Hal itu dikatakan Andreas melalui pesan singkat, Rabu (10/1/2018).

"Iya PDI Perjuangan tetap dengan PPP," kata Andreas.

Kepastian soal ini juga disampaikan Sekjen PPP Arsul Sani. Ia mengatakan, PPP sepakat mengusung Djarot sebagai bakal calon gubernur meski kadernya tak diusung sebagai bakal calon wakil gubernur.

Baca juga: PDI-P Kurang Kursi Usung Djarot, PPP Tawarkan Koalisi Bersyarat

Menurut Arsul, hal itu merupakan bentuk komitmen PPP dan PDI-P di Sumut yang harus dijalani.

"Kami diminta mendukung paslon PDI-P di Pilkada Sumut, Djarot dan Sihar. Itu bagian dari kesepakatan," kata Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (10/1/2018).

Arsul mengatakan, awalnya kader PPP di Sumut menolak pencalonan Djarot-Sihar karena tak mengusung kadernya. 

Baca: PDI-P Resmi Usung Djarot dan Sihar Sitorus untuk Pilkada Sumut

Beberapa anggota Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Sumut juga berdemonstrasi menolak rencana mengusung Djarot-Sihar.

Namun, setelah diberi pengertian, para kader PPP di Sumut menerima keputusan DPP PPP mengusung Djarot-Sihar.

"Kami sudah sampaikan keputusan teman-teman di Sumut bahwa PPP mempertimbangkan prinsip menerima, memberi dukungan, maka kami melengkapi pasangan Djarot-Sihar di Sumut," lanjutnya.

Kompas TV PDI-P sudah dapat tambahan dukungan untuk Djarot di Pilkada Sumatera Utara.

PenulisRakhmat Nur Hakim
EditorInggried Dwi Wedhaswary
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM