Saat Paspampres "Teriak-teriak" di Pesawat Kepresidenan... - Kompas.com

Saat Paspampres "Teriak-teriak" di Pesawat Kepresidenan...

Kompas.com - 08/01/2018, 10:27 WIB
Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) saat meneriakkan yel-yel penyemangat di dalam Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, Senin (8/1/2018).
Kompas.com/FABIAN JANUARIUS KUWADO Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) saat meneriakkan yel-yel penyemangat di dalam Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, Senin (8/1/2018).

 

JAKARTA, KOMPAS.COM — Pasukan Pengamanan Presiden ( Paspampres) kini memiliki kebiasaan baru.

Sebelum pesawat kepresidenan Indonesia tinggal landas, mereka selalu meneriakkan yel-yel penyemangat secara bersama-sama.

Kompas.com merekam momen itu saat mengikuti kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Kupang dan Rote, Nusa Tenggara Timur, Senin (8/1/2018).

Tepat pukul 06.47, Presiden  Joko Widodo, Ibu Negara Iriana, beserta pejabat dan perangkat kepresidenan telah berada di dalam pesawat.

Baca juga: Cerita Dua Paspampres yang Jadi Viral Saat Kawal Jokowi

Salah seorang anggota Paspampres kemudian bangkit dari kursinya dan menyampaikan sebuah pengumuman kepada semua rekannya.

"Baik, ayo kita mulai pagi ini," ujarny.

Kemudian, ia memberikan arahan kepada semua rekannya.

"Kalau saya bilang, 'Pagi', jawabnya, 'Pagi, pagi, pagi'," katanya dengan suara tegas.

"Selamat pagi," ujar dia lagi setengah berteriak.

Personel Paspampres mengamankan Presiden Joko Widodo yang hendak bertolak ke Turki di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma  Jakarta Timur, Selasa (12/12/2017). Presiden Jokowi akan menghadiri KTT Luar Biasa Organisasi Kerja sama Islam (OKI) mengenai Palestina pada Rabu (13/12/2017).KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Personel Paspampres mengamankan Presiden Joko Widodo yang hendak bertolak ke Turki di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, Selasa (12/12/2017). Presiden Jokowi akan menghadiri KTT Luar Biasa Organisasi Kerja sama Islam (OKI) mengenai Palestina pada Rabu (13/12/2017).

Serempak, para anggota Paspampres lainnya mengikuti dengan menjawab, "Pagi, pagi, pagi" sembari mengacungkan kepalan tangan.

Tidak hanya itu, ada yel lain yang dipekikkan para pengawal RI-1 tersebut.

Saat salah satu anggota Paspampres yang berada di bagian depan berteriak, "Siapa kita?", para anggota lainnya menepuk dada kanan kemudian menjawab, "Indonesia," secara serempak.

Baca juga: Kisah Pratu Daniel Darryan Setelah Mendadak Viral Paspampres Ganteng di Medsos

Sementara ketika ada teriakan "Indonesia", akan disambut para anggota Paspampres itu dengan "Jaya". 

Yel terakhir, saat yang dipekikkan teriakan "NKRI", para Paspampres menjawab, "Harga mati."

Yel-yel tersebut diteriakkan berulang- ulang dan diakhiri dengan tepuk tangan. Aksi para Paspampres ini membuat suasana kabin pesawat kepresidenan menjadi meriah.

Bahkan, tak sedikit pula perangkat kepresidenan yang bukan anggota Paspampres turut meneriakkan yel-yel penyemangat itu.


EditorInggried Dwi Wedhaswary
Komentar

Close Ads X