Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Foto: Indonesia Nan Syahdu dan Khidmat di Malam Natal

Kompas.com - 25/12/2017, 00:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Malam perayaan Natal di berbagai kota di Indonesia hingga Minggu (24/12/2017) malam berlangsung lancar. Di berbagai kota, ibadah misa Natal tampak berlangsung khidmat dengan penjagaan yang berasal dari aparat dan atau dari warga sekitar.

Di berbagai kota, penjagaan malam Natal melibatkan pemuda dari umat beragama lainnya. 

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo berkeliling sejumlah gereja di Jakarta, Minggu (24/12/2017) malam. Mereka memantau langsung situasi pengamanan di malam Natal.

Gereja terakhir yang mereka singgahi adalah Gereja Katedral, Jakarta Pusat. Setelah melihat situasi di beberapa gereja dan dari laporan yang disampaikan padanya, Tito memastikan kondisi malam Natal masih aman.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (kiri) menyampaikan sambutan di depan jemaat gereja disaksikan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (ketiga kiri), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kedua kiri) dan Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo (kanan) saat meninjau misa Malam Natal di Gereja Katedral, Jakarta, Minggu (24/12/2017). Peninjauan tersebut dilakukan guna memastikan pengamanan malam Natal di sejumlah gereja di Jakarta. ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (kiri) menyampaikan sambutan di depan jemaat gereja disaksikan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (ketiga kiri), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kedua kiri) dan Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo (kanan) saat meninjau misa Malam Natal di Gereja Katedral, Jakarta, Minggu (24/12/2017). Peninjauan tersebut dilakukan guna memastikan pengamanan malam Natal di sejumlah gereja di Jakarta.
Kegiatan berkeliling dari satu gereja ke gereja lainnya saat misa Natal dilakukan sebagai pesan simbolik untuk meyakinkan ibadah warga berjalan lancar.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan permohonan maaf kepada umat Katolik khususnya di Jakarta. Permohonan maaf itu ia sampaikan saat datang ke Gereja Katedral, Minggu (24/12/2017) sekitar Pukul 21.00 WIB.

"Mohon maaf dari Kapolri, Panglima TNI, Pangdam, Kapolda, mohon maaf kalau seolah-oleh di Jakarta (pengamannya ketat)," ujarnya dihadapan ribuan jemaat Misa Natal Gereja Katedral.

"Semata-mata untuk memberikan jaminan kepada bapak ibu sekalian agar bisa beribadah dengan tenang, dengan khusyu tanpa ada gangguan apapun juga," sambung dia.

Berikut ini foto-foto perayaan malam Natal di berbagai kota di Indonesia. 

Umat Kristiani menyalakan lilin saat misa malam Natal di Gereja Bethany, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (24/12/2017). Perayaan Natal 2017 tersebut mengusung tema Carilah KerajaanNya. ANTARA FOTO/MOCH ASIM Umat Kristiani menyalakan lilin saat misa malam Natal di Gereja Bethany, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (24/12/2017). Perayaan Natal 2017 tersebut mengusung tema Carilah KerajaanNya.

Kepala Unit UKP PIP Yudi Latif saat hadir di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (24/12/2017)YOGA SUKMANA Kepala Unit UKP PIP Yudi Latif saat hadir di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (24/12/2017)

Sejumlah umat Kristiani melaksanakan Misa Natal di Gereja Katolik Graha Maria Annai Velangkanni Medan, Sumatera Utara, Minggu (24/12/2017) malam. Ratusan umat Kristiani dari berbagai daerah itu dengan khidmat melaksanakan Misa Natal di salah satu gereja Katolik berarsitektur kuil India. ANTARA FOTO/SEPTIANDA PERDANA Sejumlah umat Kristiani melaksanakan Misa Natal di Gereja Katolik Graha Maria Annai Velangkanni Medan, Sumatera Utara, Minggu (24/12/2017) malam. Ratusan umat Kristiani dari berbagai daerah itu dengan khidmat melaksanakan Misa Natal di salah satu gereja Katolik berarsitektur kuil India.

Umat Kristiani mengikuti prosesi Misa Malam Natal di Gereja Hati Kudus, Banda Aceh, Minggu (24/12/2017).  Misa Malam Natal di Aceh berlangsung aman dan lancar dengan pengamanan dari personil Polri dan TNI. ANTARA FOTO/Ampelsa Umat Kristiani mengikuti prosesi Misa Malam Natal di Gereja Hati Kudus, Banda Aceh, Minggu (24/12/2017). Misa Malam Natal di Aceh berlangsung aman dan lancar dengan pengamanan dari personil Polri dan TNI.

Umat Kristen memanjatkan doa saat mengikuti ibadah Misa Malam Natal di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2017). Ibadah Misa malam Natal tersebut mengangkat tema Allah yang terlibat di dalam dunia dan berlangsung khidmat. ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA Umat Kristen memanjatkan doa saat mengikuti ibadah Misa Malam Natal di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2017). Ibadah Misa malam Natal tersebut mengangkat tema Allah yang terlibat di dalam dunia dan berlangsung khidmat.

Misa Natal di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus Surabaya, Jawa Timur, Minggu (24/12/2017). Perayaan Natal yang diikuti sekitar 4.000 orang di gereja tersebut bertemakan Hendaknya Damai Sejahtera Kristus Memerintah Dalam Hatimu.ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Misa Natal di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus Surabaya, Jawa Timur, Minggu (24/12/2017). Perayaan Natal yang diikuti sekitar 4.000 orang di gereja tersebut bertemakan Hendaknya Damai Sejahtera Kristus Memerintah Dalam Hatimu.

Sejumlah umat Katolik berdoa dalam salah satu prosesi Misa Malam Natal di Gereja Santa Perawan Maria, Sadang, Jambu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2017) malam. Ibadah Misa Malam Natal di gereja setempat dilakukan dengan nuansa tradisi Jawa bertema Mujudken Karahayonan Sang Kristus Kanthi Gesangaken Semangat Pacasila.ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA Sejumlah umat Katolik berdoa dalam salah satu prosesi Misa Malam Natal di Gereja Santa Perawan Maria, Sadang, Jambu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2017) malam. Ibadah Misa Malam Natal di gereja setempat dilakukan dengan nuansa tradisi Jawa bertema Mujudken Karahayonan Sang Kristus Kanthi Gesangaken Semangat Pacasila.

Umat Kristiani menyalakan lilin pada Misa Natal di gereja Santo Kristoforus Kota Gorontalo, Gorontalo, Minggu (24/12/2017). Perayaan Natal yang diikuti ratusan umat Kristiani tersebut mengambil tema Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah Dalam Hatimu.ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin Umat Kristiani menyalakan lilin pada Misa Natal di gereja Santo Kristoforus Kota Gorontalo, Gorontalo, Minggu (24/12/2017). Perayaan Natal yang diikuti ratusan umat Kristiani tersebut mengambil tema Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah Dalam Hatimu.

Peringatan Natal di gereja Santo Yoseph Palembang, Sumsel, Minggu (24/12). Belasan ribu umat kristiani se-Kota Palembang merayakan malam Natal dengan khidmat. ANTARA FOTO/FENY SELLY Peringatan Natal di gereja Santo Yoseph Palembang, Sumsel, Minggu (24/12). Belasan ribu umat kristiani se-Kota Palembang merayakan malam Natal dengan khidmat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Bukan Peserta Pilpres, Megawati Dinilai Berhak Kirim 'Amicus Curiae' ke MK

Bukan Peserta Pilpres, Megawati Dinilai Berhak Kirim "Amicus Curiae" ke MK

Nasional
Perwakilan Ulama Madura dan Jatim Kirim 'Amicus Curiae' ke MK

Perwakilan Ulama Madura dan Jatim Kirim "Amicus Curiae" ke MK

Nasional
PPP Tak Lolos ke DPR karena Salah Arah Saat Dukung Ganjar?

PPP Tak Lolos ke DPR karena Salah Arah Saat Dukung Ganjar?

Nasional
Kubu Prabowo Sebut 'Amicus Curiae' Megawati soal Kecurangan TSM Pilpres Sudah Terbantahkan

Kubu Prabowo Sebut "Amicus Curiae" Megawati soal Kecurangan TSM Pilpres Sudah Terbantahkan

Nasional
BMKG Minta Otoritas Penerbangan Waspada Dampak Erupsi Gunung Ruang

BMKG Minta Otoritas Penerbangan Waspada Dampak Erupsi Gunung Ruang

Nasional
Demokrat Tak Resisten jika Prabowo Ajak Parpol di Luar Koalisi Gabung Pemerintahan ke Depan

Demokrat Tak Resisten jika Prabowo Ajak Parpol di Luar Koalisi Gabung Pemerintahan ke Depan

Nasional
Kubu Prabowo-Gibran Yakin Gugatan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Ditolak MK

Kubu Prabowo-Gibran Yakin Gugatan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Ditolak MK

Nasional
Aktivis Barikade 98 Ajukan 'Amicus Curiae', Minta MK Putuskan Pemilu Ulang

Aktivis Barikade 98 Ajukan "Amicus Curiae", Minta MK Putuskan Pemilu Ulang

Nasional
Kepala Daerah Mutasi Pejabat Jelang Pilkada 2024 Bisa Dipenjara dan Denda

Kepala Daerah Mutasi Pejabat Jelang Pilkada 2024 Bisa Dipenjara dan Denda

Nasional
KPK Panggil Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor sebagai Tersangka Hari Ini

KPK Panggil Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor sebagai Tersangka Hari Ini

Nasional
Daftar 33 Pengajuan Amicus Curiae Sengketa Pilpres 2024 di MK

Daftar 33 Pengajuan Amicus Curiae Sengketa Pilpres 2024 di MK

Nasional
Apa Gunanya 'Perang Amicus Curiae' di MK?

Apa Gunanya "Perang Amicus Curiae" di MK?

Nasional
Dampak Erupsi Gunung Ruang: Bandara Ditutup, Jaringan Komunikasi Lumpuh

Dampak Erupsi Gunung Ruang: Bandara Ditutup, Jaringan Komunikasi Lumpuh

Nasional
Megawati Lebih Pilih Rekonsiliasi dengan Jokowi atau Prabowo? Ini Kata PDI-P

Megawati Lebih Pilih Rekonsiliasi dengan Jokowi atau Prabowo? Ini Kata PDI-P

Nasional
Yusril Sebut Kekalahan Prabowo di Aceh Mentahkan Dugaan 'Cawe-cawe' Pj Kepala Daerah

Yusril Sebut Kekalahan Prabowo di Aceh Mentahkan Dugaan "Cawe-cawe" Pj Kepala Daerah

Nasional
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com