Elpiji 3 Kg Langka di Sejumlah Daerah, Ini Penjelasan Pertamina - Kompas.com

Elpiji 3 Kg Langka di Sejumlah Daerah, Ini Penjelasan Pertamina

Yoga Sukmana
Kompas.com - 08/12/2017, 13:42 WIB
Penjual gas elpiji di wilayah Lenteng Agung, Jakarta Selatan mengeluhkan terjadinya kelangkaan gas elpiji 3 kg, Rabu (5/4/2017)Kompas.com/David Oliver Purba Penjual gas elpiji di wilayah Lenteng Agung, Jakarta Selatan mengeluhkan terjadinya kelangkaan gas elpiji 3 kg, Rabu (5/4/2017)

JAKARTA, KOMPAS.com — Masyarakat di sejumlah daerah kesulitan mendapatkan elpiji 3 kg sejak awal pekan ini. Akibatnya, banyak masyarakat menjerit tak bisa memasak karena tidak mendapatkan elpiji 3 kg.

Menggapi hal itu, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Adiatma Sardjito memberikan penjelasan tentang situasi yang terjadi sepekan ini dan upaya-upaya yang dilakukan BUMN migas tersebut.

“Ini (kelangkaan) terjadi karena permintaan elpiji 3 kg meningkat di akhir tahun,” ujarnya kepada Kompas.com, Jakarta, Jumat (8/12/2017).

Adiatma menuturkan, tidak ada persoalan stok elpiji 3 kg. Sebab, saat ini ketahanan stok nasional elpiji berada pada kondisi aman, yaitu 18,9 hari, di atas stok minimal 11 hari.

Baca juga: Pertamina: Pasokan Elpiji 3 Kg Bersubsidi Terjamin hingga 18,9 Hari

Kelangkaan elpiji yang dirasakan masyarakat lebih disebabkan permintaannya yang naik. Selain itu, Pertamina juga menemukan bahwa elpiji 3 kg digunakan pengusaha rumah makan, laundry, genset, dan rumah tangga mampu.

Padahal, elpiji 3 kg adalah gas bersubsidi yang diperuntukan bagi masyarakat tidak mampu. Untuk itu, Pertamina sudah melakukan penambahan pasokan elpiji 3 kg ke seluruh daerah sejak Senin (4/12/2017).

“Sampai hari ini kami masih lakukan operasi pasar. Besok juga kami masih lakukan,” kata Adiatma.

Sebelumnya, kelangkaan elpiji 3 kg terjadi di sejumlah daerah, seperti Bogor, Depok, Jakarta, dan Malang. Akibat kelangkaan itu, harga elpiji 3 kg melambung.

Kompas TV Mereka rela antre berjam-jam hanya untuk mendapatkan satu tabung gas 3 kilogram.

PenulisYoga Sukmana
EditorSabrina Asril
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM