Berkas Lengkap, 3 Tersangka Kasus First Travel Diserahkan ke Kejari Depok - Kompas.com

Berkas Lengkap, 3 Tersangka Kasus First Travel Diserahkan ke Kejari Depok

Ambaranie Nadia Kemala Movanita
Kompas.com - 07/12/2017, 16:17 WIB
Ketiga tersangka kasus penipuan dan penggelapan agen perjalanan First Travel, Andika Surachman, Anniesa Hasibuan, dan Siti Nuraidah Hasibuan ditampilkan saat konferensi pers di kantor Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (22/8/2017).KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA Ketiga tersangka kasus penipuan dan penggelapan agen perjalanan First Travel, Andika Surachman, Anniesa Hasibuan, dan Siti Nuraidah Hasibuan ditampilkan saat konferensi pers di kantor Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (22/8/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkas perkara yang disusun penyidik Bareskrim Polri dalam kasus dugaan penipuan dan penggelapan oleh PT First Travel dinyatakan lengkap.

Dalam kasus ini, polisi menetapkan tiga tersangka, yaitu Direktur Utama First Travel Andika Surachman, Direktur First Travel Anniesa Hasibuan, dan Direktur Keuangan First Travel Siti Nuraidah Hasibuan alias Kiki.

"Berkas perkara untuk ketiga tersangka FT sudah dinyatakan lengkap (P21)," ujar Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul saat dikonfirmasi, Kamis (7/12/2017).

(Baca juga : Aset First Travel Disita, Belum Tentu Bisa Dipakai Berangkatkan Calon Jemaah)

Setelah dinyatakan lengkap, penyidik melimpahkan para tersangka dan barang bukti ke Kejaksaan Negeri Depok. Selanjutnya, jaksa penuntut umum akan menyusun dakwaan untuk ketiga tersangka.

"Hari ini telah dilimpahkan tersangka dan barang bukti ke Kejaksaan Negeri Depok untuk segera disidangkan," kata Martinus.

Dalam kasus ini, ketiga tersangka menipu puluhan ribu orang dengan menjanjikan akan memberangkatkan umrah. Mereka diduga menipu calon jemaah dengan menawarkan perjalanan umrah dengan paket murah. Namun, hingga batas waktu tersebut, calon jemaah tak kunjung menerima jadwal keberangkatan.

Bahkan, sejumlah korban mengaku diminta menyerahkan biaya tambahan agar bisa berangkat.

Para tersangka diduga meraup uang calon jemaah sekitar Rp 800 miliar. Penyidik telah menyita sejumlah aset milik tersangka, tetapi jumlahnya hanya sekitar Rp 50 miliar.

Kompas TV Pasangan suami istri pemilik First Travel Andika Surachman dan Annisa Hasibuan mengaku tetap ingin memberangkatkan para korban kasus penipuan First Travel.

 

PenulisAmbaranie Nadia Kemala Movanita
EditorDiamanty Meiliana
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM