Jaksa KPK Bersyukur Andi Narogong Akhirnya Mau Terbuka di Pengadilan - Kompas.com

Jaksa KPK Bersyukur Andi Narogong Akhirnya Mau Terbuka di Pengadilan

Abba Gabrillin
Kompas.com - 07/12/2017, 16:03 WIB
Andi Agustinus alias Andi Narogong di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (7/12/2017).KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN Andi Agustinus alias Andi Narogong di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (7/12/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mensyukuri perubahan sikap yang ditunjukan terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong. Hal itu dikatakan jaksa saat membacakan surat tuntutan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (7/12/2017).

"Terdakwa akhirnya mau mengungkap fakta yang sebenarnya terjadi di pengadilan, terlepas dari terdakwa yang merasa dianggap tong sampah," ujar jaksa Wawan Yunarwanto.

Menurut jaksa, perubahan sikap ini sangat membantu pengungkapan skandal korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP). Apalagi, tidak banyak saksi yang mau mengungkap fakta sesungguhnya.

Menurut jaksa, terlepas dari alasan Andi yang merasa dijadikan tong sampah oleh pihak lain, perubahan sikap tersebut adalah campur tangan Tuhan dalam membantu KPK mengungkap kasus besar yang sulit dibuktikan.

(Baca juga : Andi Narogong Ajukan Diri Jadi Justice Collaborator Kasus e-KTP)

Sebelumnya, Andi Agustinus alias Andi Narogong mengutarakan segala fakta yang ia ketahui tentang korupsi proyek pengadaan e-KTP.

Tak seperti sebelumnya, Andi buka-bukaan dalam persidangan.

Andi menceritakan soal pengaturan dalam proses lelang hingga pembahasan anggaran di DPR RI. Andi juga menyebut beberapa pihak yang menerima uang korupsi.

Salah satunya, Ketua DPR RI Setya Novanto.

Kepada majelis hakim, Andi menjelaskan bahwa perubahan sikapnya tersebut bukan tanpa sebab.

"Awalnya saya itu tidak mau menyulitkan orang. Tapi kok lama-lama saya dijadikan seperti sampah, seperti Bantar Gebang, tempat pembuangan akhir dari semuanya," kata Andi dalam persidangan pekan lalu.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisAbba Gabrillin
EditorDiamanty Meiliana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM