Demokrat Minta Pemerintah Segera Pulihkan Pariwisata di Bali - Kompas.com

Demokrat Minta Pemerintah Segera Pulihkan Pariwisata di Bali

Ihsanuddin
Kompas.com - 06/12/2017, 15:38 WIB
Wisatawan asing dari Bali turun dari kapal di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (29/11/2017). Meletusnya Gunung Agung di Bali berdampak pada jumlah wisatawan dari Bali menuju Jawa melalui pelabuhan Ketapang meningkat 113 persen dari biasanya 1.112 penumpang, dan data PT ASDP Ketapang, peningkatan terbesar terjadi pada angkutan bus dan travel mencapai 807 persen atau 417 armada.ANTARA FOTO/BUDI CANDRA SETYA Wisatawan asing dari Bali turun dari kapal di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (29/11/2017). Meletusnya Gunung Agung di Bali berdampak pada jumlah wisatawan dari Bali menuju Jawa melalui pelabuhan Ketapang meningkat 113 persen dari biasanya 1.112 penumpang, dan data PT ASDP Ketapang, peningkatan terbesar terjadi pada angkutan bus dan travel mencapai 807 persen atau 417 armada.

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari daerah pemilihan Bali Putu Supadma Rudana meminta pemerintah melalui kementerian pariwisata untuk segera bergerak melakukan pemulihan secepatnya terhadap ekonomi pariwisata Bali yang terdampak erupsi Gunung Agung.

"Masyarakat kita hampir 80 persen bergantung dari sektor pariwisata. Pemerintah pusat harus segera bergerak bersama-sama pemerintah daerah untuk segera melakukan recovery pariwasata di Bali," kata Putu dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/12/2017).

Apabila pemulihan tidak segera dilakukan, Wakil Sekjen Partai Demokrat ini khawatir akan terjadi PHK massal, pengangguran hingga kebangkrutan para pengusaha pariwisata di Bali.

Baca juga : BNPB Sebut Belum Ada Penurunan Status Awas Gunung Agung

Salah satu yang bisa dilakukan pemerintah, menurut Putu, adalah dengan menyiapkan shuttle bus gratis dari bandara atau dari satu tempat wisata ke wisata lain.

"Bencana ini tidak bisa dihindari tapi harus dikelola, agar pariwisata Bali bisa kembali membaik," ujarnya.

Menurut Putu, kunci dari pemulihan pariwisata di Bali ini adalah sinergi antara pemerintah pusat dan daerah. Ia menilai sinergi ini belum optimal dan masih perlu ditingkatkan.

"Ini harus sustainable tourism sehingga destinasi akan terus berkembang dan memberikan dampak yang besar demi kemajuan pariwisata di Bali ini," kata Anggota Komisi X DPR ini.

Kompas TV Asap tipis juga keluar dari puncak gunung hingga ketinggian 1.000 meter.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisIhsanuddin
EditorSabrina Asril
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM