Jokowi Beri Tugas Khusus untuk Kader Nasdem di Daerah - Kompas.com

Jokowi Beri Tugas Khusus untuk Kader Nasdem di Daerah

Fabian Januarius Kuwado
Kompas.com - 15/11/2017, 21:44 WIB
Presiden Joko Widodo berpidato di acara HUT ke-6 Partai Nasdem sekaligus pembukaan Rakernas partai tersebut di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (15/11/2017).Fabian Januarius Kuwado Presiden Joko Widodo berpidato di acara HUT ke-6 Partai Nasdem sekaligus pembukaan Rakernas partai tersebut di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (15/11/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menginstruksikan seluruh kader Partai  Nasional Demokrat ( Nasdem) untuk turut mengawasi pemanfaatan dana desa se-Indonesia.

"Saya minta kader  Nasdem, terutama yang ada di DPC, ikut mengawasi. Ini tugas dari presiden," ujar Jokowi dalam pidato peringatan HUT ke-6 Nasdem sekaligus pembukaan Rakernas yang digelar di  Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (15/11/2017).

Pernyataan Presiden tersebut langsung disambut sorak sorai fungsionaris partai se-Indonesia yang hadir di ruangan. Pihak panitia mengklaim, hadir 15.000 pengurus Nasdem dalam acara itu.

(Baca juga : Resmi, NasDem Dukung Jokowi di Pilpres 2019)

 

Jokowi sekaligus menitipkan pesan kepada para kader partai besutan Surya Paloh itu untuk turut menyampaikan pesan kepada akar rumput bahwa pemerintah sedang membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya melalui dana desa itu.

"Ngawasinya itu sambil bisik-bisiki, memberikan semangat kepada masyarakat bahwa kesempatan kerja itu ingin kita buka seluas-luasnya," ujar Jokowi.

Kebijakan soal alokasi dana desa dimanfaatkan bagi pembukaan lapangan kerja, lanjut Jokowi, diterapkannya mulai 2018.

Kebijakan itu diambil karena rakyat di daerah menyampaikan kepada presiden soal kurangnya lapangan kerja.

Oleh sebab itu, selain meningkatkan jumlah dana desa menjadi Rp 90 triliun di  tahun 2018, Jokowi memutuskan anggaran per desa dialokasikan bagi pembukaan lapangan kerja.

Tidak hanya dana desa, separuh  anggaran yang ada di kementerian pun harus diorientasikan bagi pembukaan lapangan pekerjaan.

"Ini sebetulnya untuk apa? Kita ingin peredaran uang di desa semakin besar," ujar Jokowi.

Kompas TV Partai Nasdem akan mendeklarasikan dukungannya terhadap Joko Widodo untuk maju sebagai calon presiden dalam Pilpres 2019.

 

PenulisFabian Januarius Kuwado
EditorDiamanty Meiliana
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM