Minta Bertemu Jokowi, Seorang Pria Ancam Tusuk Paspampres di Istana Negara - Kompas.com

Minta Bertemu Jokowi, Seorang Pria Ancam Tusuk Paspampres di Istana Negara

Ihsanuddin
Kompas.com - 14/11/2017, 04:20 WIB
Presiden Joko Widodo saat pemberian nama dan uji terbang di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (10/11/2017). Pesawat N219 adalah pesawat buatan lokal, kolaborasi antara PT Dirgantara Indonesia (DI) bekerjasma dengan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan). KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
KRISTIANTO PURNOMO Presiden Joko Widodo saat pemberian nama dan uji terbang di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (10/11/2017). Pesawat N219 adalah pesawat buatan lokal, kolaborasi antara PT Dirgantara Indonesia (DI) bekerjasma dengan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan). KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang pria bernama Basufi Parsiwan mendatangi pos jaga Istana Negara, di Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2017). Ia meminta bertemu Jokowi dan mengancam akan menusuk pasukan pengamanan presiden yang berjaga dengan sebuah obeng.

Asintel Paspampres Letkol Kav Urip Prihatman mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada pukul 18.00 WIB sore. Dalam keadaan hujan lebat, pelaku seorang diri mendatangi pos penjagaan pintu masuk ke kompleks Istana.

"Pelaku meminta bertemu dengan Presiden Jokowi namun ditolak karena tidak sesuai prosedur," kata Urip kepada Kompas.com, Senin (13/11/2017).

Baca juga : Paspampres Dilatih Orang Dalam Mercedes-Benz

Meski ditolak, lanjut Urip, namun pelaku yang berusia 39 tahun tersebut tetap memaksa ingin bertemu Presiden. Bahkan, pelaku mengancam Paspampres yang berjaga.

"Pelaku memaksa ingin bertemu Presiden Jokowi dengan malakukan ancaman akan menusuk personel pos jaga dengan menggunakan obeng plat dengan panjang 25 cm yang siap diarahakan kepada petugas jaga istana," kata Urip.

Pelaku juga, lanjut Urip, berteriak-teriak bahwa dirinya adalah bagian dari Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Pelaku mengaku ingin jihad dan bertemu Jokowi. Bahkan pelaku sempat menantang Paspampres yang berjaga.

Baca juga : Cerita Gibran Rakabuming Memilih Tidak Dikawal Paspampres

"Silakan tembak saya, saya kebal terhadap peluru," demikian teriak pelaku, seperti yang ditirukan Urip.

Pelaku yang berdomisili di Tangerang ini pun akhirnya dibekukkan oleh personel yang berjaga. Pelaku kemudian diamankan di pos jaga dan dilakukan pemeriksaan. Selanjut pada pukul 21.00 yang bersangkutan diserahkan ke Polsek Gambir.

Kompas TV Donald Trump sempat mengajak ngobrol Iriana dan Presiden Jokowi.

PenulisIhsanuddin
EditorSabrina Asril
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM