TNI Luncurkan Satuan Siber untuk Atasi Ancaman Teknologi Informasi - Kompas.com

TNI Luncurkan Satuan Siber untuk Atasi Ancaman Teknologi Informasi

Fabian Januarius Kuwado
Kompas.com - 13/10/2017, 19:13 WIB
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo usai menghadiri upacara peringatan HUT ke-72 TNI, di Dermaga PT Indah Kiat, Cilegon, Banten, Kamis (5/10/2017).KOMPAS.com/Kristian Erdianto Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo usai menghadiri upacara peringatan HUT ke-72 TNI, di Dermaga PT Indah Kiat, Cilegon, Banten, Kamis (5/10/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo meresmikan Satuan Siber TNI (Satsiber TNI) di Aula Gatot Subroto, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (13/10/2017).

Gatot mengatakan, Satsiber TNI merupakan bagian dari TNI. Satuan ini dituntut menjamin terwujudnya ketahanan siber di internal TNI.

"Saya menyambut baik dibentuknya Satuan Siber TNI di tengah marak dan berkembangnya segala bentuk ancaman dari pemanfaatan teknologi informasi. Ini diharapkan mampu jadi alternatif untuk memunculkan solusinya," ujar Gatot sebagaimana dikutip dari siaran pers resmi Mabes TNI, Jumat.

Gatot mengatakan TNI memang harus mengantisipasi tantangan perubahan teknologi informasi. Sumber daya informasi di lingkungan TNI harus tetap dapat dilindungi dari gangguan penyalahgunaan atau pemanfaatan oleh pihak lain.

"Jaga sumber daya informasi TNI agar terlindungi dari gangguan serta penyalahgunaan atau pemanfaatan oleh pihak lain," ujar Gatot.

"Berikan perlindungan terhadap data dan informasi strategis dari ancaman dan gangguan, serta bangun kapasitas pertahanan siber TNI berupa kemampuan penangkalan, penindakan dan pemulihan," kata dia.

(Baca juga: TNI akan Garap Film Laksamana Malahayati)

Kompas TV Jika melihat ragam atraksi saat perayaan Hari Ulang Tahun ke-72 TNI, kita tentu merasa bangga dengan segala pencapaian dan kemampuan para anggota TNI.

PenulisFabian Januarius Kuwado
EditorBayu Galih
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM