Pilkada Jatim, Sekjen Nasdem Ungkap Lima Parpol Dukung Khofifah - Kompas.com

Pilkada Jatim, Sekjen Nasdem Ungkap Lima Parpol Dukung Khofifah

Moh. Nadlir
Kompas.com - 13/10/2017, 17:15 WIB
Sekretaris Jendral DPP Partai Nasdem Johnny G Plate menargetkan partainya dapat meraih double digit suara pada Pemilu 2019 mendatang. Jakarta, Jumat (13/10/2017).KOMPAS.com/ MOH NADLIR Sekretaris Jendral DPP Partai Nasdem Johnny G Plate menargetkan partainya dapat meraih double digit suara pada Pemilu 2019 mendatang. Jakarta, Jumat (13/10/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal DPP Partai Nasdem Johnny G Plate menyatakan, lima partai politik telah sepakat untuk mendukung Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa untuk maju sebagai calon gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur 2018.

Lima partai politik itu adalah Partai Nasdem, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Hanura, dan PPP. Saat ini, baru Partai Nasdem yang secara resmi menyampaikan dukungan.

"Di Jatim kan sudah 35 kursi DPRD provinsi, di antaranya Nasdem, Hanura, PPP, Golkar dan Demokrat. Kita sudah sepakat tinggal administrasi sebagaimana biasanya untuk memenuhi syarat ketentuan UU," kata Johnny Plate di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Mengenai siapa pendamping Khofifah sebagai calon wakil gubernur, Johnny mengatakan bahwa Nasdem menyerahkan hal itu kepada Khofifah.

"Kami harapkan bahwa yang dipilih oleh Ibu Khofifah nanti wakil yang betul-betul secara chemistry bisa bekerja sama, punya visi dan misi yang sama, saling melengkapi," ujarnya.

"Jadi kami serahkan kepada Ibu Khofifah. Komitmen kami memberikan kebebasan, karena chemistry cagub dan cawagub itu penting," kata dia.

(Baca juga: Sekjen Hanura Puji Khofifah, Sinyal Dukungan pada Pilkada Jatim?)

Hanya saja, kata Johnny, hal terpenting mengenai kriteria pendamping Khofifah pada Pilkada Jatim adalah sosok yang bisa mendongkrak elektabilitas Ketua Umum Muslimat NU yang sudah dua kali gagal dalam Pilkada Jatim itu.

"Utamanya yang bisa memberikan efek elektoral yang mendukung elektabilitas Ibu Khofifah," ucap Johnny Plate.

Bahkan, Nasdem akan bersyukur jika Khofifah memilih kadernya sebagai pendamping pada Pilkada Jatim.

"Itu suatu penghormatan terhadap kader kami, tapi yang penting bagi kami adalah Ibu Khofifah dan wakilnya terpilih menjadi gubernur dan wagub Jatim," kata dia.

"Ada banyak kader Nasdem di Jatim. Ada bupati, ada anggota DPR, dan semuanya punya kemampuan yang mumpuni untuk mendampingi Khofifah," tutur dia.

Sebelumnya, Khofifah mengklaim sudah mendapatkan dukungan lima parpol untuk maju dalam pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

Selain Partai Nasdem yang sudah secara terbuka menyampaikan dukungannya, Khofifah juga mengaku sudah mendapat dukungan dari Partai Demokrat, Partai Golkar, PPP dan Partai Hanura.

Khofifah mengaku sudah bertemu dengan ketua umum parpol tersebut.

(Baca juga: Khofifah Klaim Didukung Demokrat, Golkar, PPP, dan Hanura)

Kompas TV Usai dicalonkan, Khofifah menyatakan terima kasihnya kepada Partai Nasdem karena telah mempercayakan dirinya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisMoh. Nadlir
EditorBayu Galih
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM