PDI-P Jaga Elektabilitas dengan Politik Turun ke Bawah - Kompas.com

PDI-P Jaga Elektabilitas dengan Politik Turun ke Bawah

Indra Akuntono
Kompas.com - 08/10/2017, 19:01 WIB
Sekjen DPP PDI-P Hasto Kristiyanto dalam acara konsolidasi internal di Kota Bogor, Minggu (8/10/2017).Dok. PDI-P Sekjen DPP PDI-P Hasto Kristiyanto dalam acara konsolidasi internal di Kota Bogor, Minggu (8/10/2017).


JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto meminta seluruh kader partainya menjaga elektabilitas PDI-P dengan cara rutin berdialog dan menyerap aspirasi masyarakat.

Hal itu disampaikan Hasto dalam Konsolidasi Organisasi Internal Partai, di Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Bogor, Minggu (8/10/2017).

"Dengan survei yang tinggi di kisaran 27-32 persen oleh hampir semua lembaga survei, kita harus terus melakukan perbaikan, semua kader, apalagi pimpinan partai, harus cerminkan wajah kerakyatan partai. Senjata utama kita adalah persatuan dengan rakyat," kata Hasto, kepada peserta acara konsolidasi, seperti dikutip Kompas.com dalam peryataan tertulisnya, Minggu sore.

(baca: Survei SMRC: Elektabilitas Parpol Pendukung Jokowi Stagnan, kecuali PDI-P)

Hasto mengungkapkan, elektabilitas PDI-P tinggi karena kadernya menjalankan instruksi turun mendekatkan diri dengan masyarakat. Dengan politik turun ke bawah, kata Hasto, PDI-P akan tumbuh menjadi partai rakyat.

"Pak Jokowi dicintai rakyat karena kepemimpinannya yang merakyat, programnya prorakyat, dan dekat rakyat dengan blusukan, bertemu dan menyapa langsung rakyatnya. Begitu juga Ibu Megawati yang menerapkan politik turun ke bawah dalam memimpin PDI Perjuangan," ungkap Hasto.

Hasto lalu menekankan pernyataan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri bahwa tugas partai adalah menyiapkan pemimpin, termasuk menyiapkan kepemimpinan di daerah.

"Tugas  partai adalah mendekatkan kesejahteraan pada rakyat agar rakyat bisa merasakan buah pembangunan bagi masa depan yang lebih baik. Maka ketika menang pilkada pada hakekatnya adalah untuk keberpihakan pada rakyat," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Hasto juga mengingatkan kader tidak mejadikan partai sebagai tempat cari makan dan memperkaya diri dengan cara menyalahgunaan jabatan apalagi praktik korupsi.

Sementara itu, Bendahara DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Waras Wasisto dalam kesempatan yang sama menyampaikan agar struktur partai benar-benar menyiapkan langkah untuk memenangkan Pilkada Serentak 2018 maupun Pemilu dan Pilpres 2019.

Khusus dalam menghadapi verifikasi pendaftaran partai, Waras juga megingatkan agar struktur partai cermat sehingga apa yang mejadi persyaratan di semua level benar-benar siap.

"Demikian juga persiapan saksi, partai harus siap, segera lakukan pelatihan sehingga nanti waktunya pilkada sudah siap," kata Waras.

Kompas TV PDI Perjuangan menilai elektabilitas Joko Widodo yang tinggi disebut karea publik puas dengan kinerjanya sebagai presiden dalam tiga tahun terakhir.

PenulisIndra Akuntono
EditorIndra Akuntono

Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM