Jokowi Harap Perpusnas Beradaptasi dengan Generasi Y dan Z - Kompas.com

Jokowi Harap Perpusnas Beradaptasi dengan Generasi Y dan Z

Fabian Januarius Kuwado
Kompas.com - 14/09/2017, 14:46 WIB
Presiden Joko Widodo saat meresmikan gedung Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (14/9/2017).Fabian Januarius Kuwado Presiden Joko Widodo saat meresmikan gedung Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (14/9/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo berharap supaya Perpustakaan Nasional yang diresmikannya, Kamis (14/9/2017), mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman.

"Masa depan Perpusnas ini artinya bagaimana meningkatkan minat baca anak-anak kita, generasi Y dan generasi Z yang memiliki pola pikir dan perilaku jauh berbeda dengan generasi sebelumnya," ujar Jokowi di sela peresmian Perpusnas.

Jokowi melanjutkan, generasi Y dan Z lebih 'melek' digital. Misalnya, mereka lebih senang membaca berita di ponsel daripada berupa koran.

"Saya keliling kampus-kampus, saya tanya berapa banyak mereka yang masih baca koran cetak. Saya dapat memastikan sudah sangat berkurang sekali," ujar Jokowi.

(Baca: Jokowi: Kalau Enggak Berjalan, Saya Jewer...)

"Karena memang sekarang tinggal klik sudah bisa baca berita apapun, tinggal klik bisa lihat live streaming, tinggal klik bisa lihat video apapun sehingga informasi itu dalam waktu yang sangat cepat bisa mereka baca," lanjut dia.

Begitu juga dengan buku. Jika buku tertentu sulit dicari, maka generasi Y dan Z tidak akan membacanya.

"Kecepatan sistem, kecepatan melayani, ini menjadi sebuah hal yang menjadi sangat penting karena generasi Y dan Z mau apa-apa tinggal klik. Semua sudah serba digital," lanjut dia.

Oleh sebab itu, ia berharap perpustakaan nasional melaksanakan terobosan digital. Jokowi mengingatkan, jika tidak melaksanakan terobosan itu, pasti ditinggal.

Kompas TV Buku Digital Bersaing dengan Buku Cetak

 

 

PenulisFabian Januarius Kuwado
EditorSabrina Asril

Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM