Soal Dukungan untuk Jokowi, PDI-P Ogah Sekedar Ikut-ikutan Deklarasi - Kompas.com

Soal Dukungan untuk Jokowi, PDI-P Ogah Sekedar Ikut-ikutan Deklarasi

Nabilla Tashandra
Kompas.com - 13/08/2017, 17:39 WIB
Sekjen PDI-P Hasto KristiyantoKOMPAS.com/IHSANUDDIN Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretariat Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDI-P), Hasto Kristiyanto menuturkan, partainya memiliki tahapan-tahapan tertentu yang telah disusun, termasuk dalam mengusung calon presiden 2019.

Sejumlah partai beberapa waktu lalu telah mendeklarasikan dukungannya untuk Joko Widodo di Pemili 2019. Terkait hal tersebut, Hasto mengatakan prioritas partainya bukan lah untuk mendeklarasikan dukungan.

"Skala prioritas PDI-P bukan sekedar ikut-ikutan deklarasi," kata Hasto di sela acara Kursus Politik Pancasila di Kantor DPP PDI-P, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (13/8/2017).

Menurutnya, hal yang penting bagi PDI-P adalah mendukung agar pemerintahan Jokowi saat ini lebih efektif dan memberikan perubahan bagi rakyat Indonesia.

Baca: Di Hadapan Relawan, Jokowi Tak Respons soal Dukungan Maju Pilpres 2019

Di samping itu, tradisi kepemimpinan Jokowi yang rajin blusukan juga menjadi prioritas PDI-P. Meski begitu, Jokowi memiliki kesempatan kembali maju sebagai calon Presiden di 2019 berdasarkan tradisi kepemimpinan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

Megawati, kata Hasto, selalu memberikan kesempatan kepada kepala daerah termasuk presiden untuk menjabat kembali jika pemimpin tersebut menunjukan komitmen kerakyatan dan mampu membawa perubahan positif.

"Sikap PDI-P kan sudah jelas berpolitik ada tahapan-tahapannya," kata Hasto.

"Politik itu tidak mendahului sesuatu yang belum saatnya dibahas karena Pak Jokowi lahir dari rahim kepemimpinan partai," tuturnya.

Adapun partai yang telah mendeklarasikan dukungannya untuk Jokowi adalah Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Hanura. Dukugan juga datang dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo) namun belun dideklarasikan secara resmi.

Baca: Arief Poyuono Kini Puji Jokowi, Prediksi Bisa Menang Pilpres 2019

 

PenulisNabilla Tashandra
EditorDian Maharani
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM