Menyongsong Hari Bakti AURI 29 Juli 2017 Halaman 1 - Kompas.com

Menyongsong Hari Bakti AURI 29 Juli 2017

Chappy Hakim
Kompas.com - 29/07/2017, 09:15 WIB
Pendaratan pertama pesawat AURI di Kemayoran pada April 1946.IPPHOS Pendaratan pertama pesawat AURI di Kemayoran pada April 1946.

TANGGAL 29 Juli 1947, pesawat Dakota India dengan registrasi VT-CLA bertolak dari Singapura menuju Jogjakarta dengan membawa obat-obatan dari Palang Merah Malaya untuk Palang Merah Indonesia.

Menjelang pendaratan di Pangkalan Udara Maguwo, pesawat Dakota ini diserang dua buah pesawat P-40 Kitty Hawk Belanda. Pesawat jatuh di Desa Tamanan, Kecamatan Banguntapan, dekat Desa Ngoto, Bantul, Yogyakarta. Kecuali satu orang, Gani Handonocokro, semua awak dan penumpangnya gugur.

Peristiwa inilah yang melatarbelakangi peringatan Hari Bakti Angkatan Udara pada setiap tanggal 29 Juli. Tercatat sebagai penumpang antara lain Dr Abdulrachman Saleh, Adisumarmo Wiryokusumo, Zainal Arifin, Pilot Alexander Noel Constantine (wing commander Australia).

Salah satu korban yang tewas, Marsekal Muda Udara Profesor Doktor, dokter Abdulrahman Saleh.

Yang menarik dari almarhum, profesi utamanya adalah dosen pada Geneeskundige Hogeschool di zaman Belanda dan Ika Dai Gakko di zaman Jepang, sekarang Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Spesialisasi beliau adalah "fisiologi" atau ilmu faal.

Abdulrahman Saleh lahir di Jakarta, 1 Juli 1909, sebagai anak kedua dari 11 orang bersaudara keluarga besar Dr Muhammad Saleh asal Salatiga dengan Emma Naimah asal Jakarta.

Dr Muhammad Saleh, seorang dokter lulusan Stovia than 1911, memiliki 4 orang anak yang meneruskan profesinya sebagai dokter, mereka adalah Prof Dr Abdulrahman Saleh, Dr Azis Saleh, Dr Alibasah Saleh dan Dr Abubakar Saleh.

Bapak Ilmu Faal

Abdulrachman Saleh lulus sebagai dokter dari GHS (Geneeskundige Hooge School) dan kemudian memperdalam pengetahuannya di bidang ilmu faal (fisiologi).

Dia sangat sibuk dengan banyak kegiatan pendidikan, antara lain sebagai dosen pada sekolah dokter NIAS (Nederland Indische Artsen School) di Surabaya dan kemudian di zaman Jepang menjadi staf pengajar pada Perguruan Tinggi Kedokteran di Jakarta.

Page:
EditorLaksono Hari Wiwoho
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM