Zulkifli Hasan Enggan Tanggapi Amien Rais yang Minta Menpan Mundur - Kompas.com

Zulkifli Hasan Enggan Tanggapi Amien Rais yang Minta Menpan Mundur

Rakhmat Nur Hakim
Kompas.com - 24/07/2017, 11:40 WIB
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat membawakan sambutan pada acara halal bihalal di Kantor DPP PAN, Jalan Senopati, Jakarta Selatan, Rabu (12/7/2017).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat membawakan sambutan pada acara halal bihalal di Kantor DPP PAN, Jalan Senopati, Jakarta Selatan, Rabu (12/7/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Amanat Nasional ( PAN) Zulkifli Hasan enggan menanggapi permintaan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amiem Rais yang meminta kadernya Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Menpan RB) Asman Abnur mundur dari jabatannya.

Menurut Zulkifli, reshuffle kabinet merupakan kewenangan Presiden Joko Widodo.

"Itu haknya Presiden, cukup ya," ujar Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/7/2017).

Zulkifli menambahkan posisi PAN dalam koalisi pemerintah masih sama. Dalam Undang-Undang Pemilu, Zulkifli menegaskan PAN tidak walk out dari Rapat Paripurna, melainkan abstain.

(Baca: PKB Tak Masalah Sikap PAN Berbeda soal UU Pemilu)

 

Zulkifli juga membantah bila PAN abstain karena berbeda pendapat dengan pemerintah soal presidential threshold. Ia berdalih, PAN abstain karena tidak sepakat dengan opsi sainte lague murni sebagai metode konversi suara.

"Karena sainte league tentu kalau memutuskan itu PAN bunuh diri kan. Kalau saya setuju bisa dimarahin para kader. Oleh karena itu kita abstain walaupun di TV judulnya walk-out semua. Itu sebenarnya kami abstain tidak ikut dalam proses voting itu sendiri," ujar Zulkifli.

"Karena tidak mungkin kami menyetujui undang-undang yang akan menghabisi partai sendiri," lanjut dia.

Pernyataan agar PAN mundur dari kabinet disampaikan Amien Rais usai menghadiri halalbihalal di Pondok Pesantren Al-Ishlah, Bondowoso, Minggu (23/7/2017) kemarin. Amien mengatakan, PAN harus menentukan sikap politik untuk tidak berkoalisi dengan pemerintah yang berkuasa saat ini.

"Saya usul supaya Asman Abnur segera keluar dari kabinet. Titik," tegas Amien Rais seperti dikutip dari Kompas TV.

(Baca: Lucunya Drama Rapat Paripurna Pengesahan UU Pemilu....)

Pascapengambilan keputusan UU Pemilu, elite parpol koalisi pemerintah mengkritik sikap PAN. Menurut mereka, seharusnya PAN mendukung kebijakan pemerintah. Presiden Joko Widodo sudah angkat bicara soal PAN.

Jokowi bercerita, sehari sebelum rapat paripurna pengambilan keputusan RUU pemilu di DPR RI atau Rabu (19/7/2017) siang, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bertandang ke Istana, bertemu dengan Jokowi. Zul, sapaan akrab Zulkifli, menyatakan bahwa PAN tetap solid mendukung pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Untuk PAN, supaya diketahui ya, sehari sebelumnya (Zulkifli Hasan) sudah bertemu dengan saya. Sudah menyampaikan kepada saya untuk mendukung. Solid di (koalisi) partai pendukung pemerintah," ujar Jokowi di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Jumat (21/7/2017).

Ketika ditanya soal langkah PAN yang menolak menyetujui RUU Pemilu menjadi UU dan juga menolak Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas, Jokowi tidak menjawabnya. Malahan, Jokowi bertanya balik ke wartawan, kenapa jika PAN mengambil langkah yang dinilai berseberangan dengan pemerintah.

"Ya kita kan baik-baik saja. Kita baik-baik saja. Ada apa?" kata Jokowi.

Kompas TV Isu Reshuffle Kabinet Berembus (Bag 2)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisRakhmat Nur Hakim
EditorSabrina Asril
Komentar