Pidato Presiden di HUT RI Dipersiapkan, Ada Usul Tamu Pakai Pakaian Daerah - Kompas.com

Pidato Presiden di HUT RI Dipersiapkan, Ada Usul Tamu Pakai Pakaian Daerah

Fabian Januarius Kuwado
Kompas.com - 12/07/2017, 09:17 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau pasukan saat upacara di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Senin (10/7/2017). Upacara peringatan hari ulang tahun ke-71 Bhayangkara melibatkan 2.408 personel gabungan dari Polri, TNI, instansi terkait, hingga organisasi Pramuka. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Presiden Joko Widodo meninjau pasukan saat upacara di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Senin (10/7/2017). Upacara peringatan hari ulang tahun ke-71 Bhayangkara melibatkan 2.408 personel gabungan dari Polri, TNI, instansi terkait, hingga organisasi Pramuka.

JAKARTA, KOMPAS.com - Rangkaian pidato Presiden Joko Widodo dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-72 kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2017 mendatang, mulai dipersiapkan.

Pada Selasa (11/7/2017) kemarin, Deputi Bidang Hubungan Kelembagaan dan Kemasyarakatan Dadan Wildan, Staf Ahli Menteri Sekretaris Negara Gogor Oko Nurhayoko, Sekretaris Jenderal DPD RI Sudarsono Hardjosoekarto, Asisten Deputi Bidang Hubungan Lembaga Negara dan Daerah Indra Iskandar dan perwakilan MPR RI, menggelar rapat persiapan.

Dikutip dari laman www.setneg.go.id, rapat telah menyepakati rangkaian pidato Presiden akan dilaksanakan dalam satu hari, yakni pada 16 Agustus 2017. Hal ini sama seperti dua tahun sebelumnya.

Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPD RI dan DPR RI dalam rangka HUT ke-72 RI sekaligus mengikuti rapat paripurna DPR RI dalam rangka penyampaian RAPBN Tahun Anggaran 2018 beserta nota keuangan.

"Hal serupa juga sudah berlangsung selama dua tahun. Presiden menyampaikan tiga pidato dalam satu hari menjelang 17 Agustus. Bila melihat pelaksanaan selama dua tahun sebelumnya, tahun ini kemungkinan akan sama, kecuali nanti ada arahan lain," ujar Deputi Bidang Hubungan Kelembagaan dan Kemasyarakatan Dadan Wildan.

Diketahui, tahun ini DPD RI akan menjadi tuan rumah penyelenggara Sidang Bersama DPD RI dan DPR RI dalam rangka HUT ke-72 RI. Adapun, sidang tahunan MPR RI dan rapat paripurna akan dilaksanakan di masing-masing lembaga.

(Baca juga: Usung Indonesia Kerja Bersama, Ini Logo HUT RI ke-72)

Sekretaris Jenderal DPD RI Sudarsono Hardjosoekarto meminta agar jeda waktu pergantian antarsidang tidak terlalu cepat.

"Mohon untuk dipertimbangkan kembali waktu yang dibutuhkan Presiden menuju ke tempat transit dan pergantian kursi pimpinan. Kalau memang sudah cukup, tidak masalah. Tetapi akan lebih baik bila lebih longgar," ujar dia.

Sudarsono juga mengusulkan agar seluruh tamu undangan dalam rangkaian acara tersebut menggunakan pakaian khas daerah. Usulan itu dilontarkan atas dasar usulan Anggota DPD RI.

Kesepakatan awal dalam rapat tersebut akan dilaporkan kepada Presiden Jokowi dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dalam waktu dekat.

Kompas TV Acara pre-event festival Jenang digelar di koridor Ngarsopuro, Solo, Jawa Tengah dengan tema Jenang Nusantara. Di acara ini beragam jenang atau bubur dimasak oleh koki berpengalaman

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisFabian Januarius Kuwado
EditorBayu Galih
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM