Jokowi Unggah "Vlog" bareng Presiden Erdogan - Kompas.com

Jokowi Unggah "Vlog" bareng Presiden Erdogan

Ihsanuddin
Kompas.com - 07/07/2017, 19:30 WIB
Presiden Joko Widodo bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdo?anYouTube.com/Jokowi Presiden Joko Widodo bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdo?an

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo membuat video blog (Vlog) bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Vlog tersebut diunggah ke akun YouTube Presiden Jokowi, Jumat (7/7/2017) petang.

Vlog tersebut awalnya menampilkan tibanya Jokowi dan rombongan di Istana Kepresidenan Turki. Jokowi langsung disambut hangat oleh Erdogan begitu turun dari mobilnya. Jokowi dan Erdogan lantas mengikuti upacara penyambutan.

Setelah itu, barulah Jokowi dan Erdogan yang tengah berada di beranda Istana Kepresidenan berbicara di depan kamera. Jokowi memegang sendiri kamera yang digunakan untuk merekam.

"Saat ini saya bersama Presiden Erdogan dan beliau ingin memberikan pesan kepada kita semuanya. Silakan, Presiden," ucap Jokowi.

Jokowi lalu mengarahkan kamera ke Erdogan. Erdogan lalu bicara mengenai hubungan harmonis Turki dan Indonesia.

"Kami orang Turki sangat mencintai warga Indonesia. Dan saya percaya bahwa solidaritas antara Turki Indonesia ke depannya akan menjadi teladan atau contoh bagi dunia," kata Erdogan.

Kedua kepala negara kembali bicara di depan kamera saat berada di dalam istana. Jokowi memuji Erdogan yang memiliki banyak pengagum di Indonesia. Ia juga bercerita mengenai kedekatannya dengan Erdogan.

"Kami memiliki hubungan yang sangat personal sehingga setiap masalah yang ada baik di Timur Tengah maupun dunia saya selalu telepon dengan Presiden Erdogan," ucap Jokowi.

Erdogan lalu membalas dengan memuji masyarakat Indonesia, khususnya para pemuda di Indonesia.

"Saya sangat mencintai pemuda Indonesia yang menyatu dengan rakyat. Persatuan, kebersamaan dan solidaritas masyarakat Indonesia juga merupakan persatuan kebersamaan dan solidaritas bagi masyarakat Turki," ucap Erdogan.

(Baca juga: "Live Instagram", Jokowi Sapa WNI di Turki)

Setelah itu video kembali menampilkan kegiatan Jokowi dan Erdogan saat memberikan pernyataan pers bersama.

Selain bertemu Erdogan, Jokowi juga menyempatkan diri bertemu warga negara Indonesia yang ada di Turki. Jokowi mengabadikan kegiatannya itu secara live dari akun Instagram-nya.

Video Jokowi dengan Erdogan bisa dilihat di bawah ini:

PenulisIhsanuddin
EditorBayu Galih
Komentar