PGI: Idul Fitri Momen Perkuat Persaudaraan di Tengah Ancaman Primordialisme - Kompas.com

PGI: Idul Fitri Momen Perkuat Persaudaraan di Tengah Ancaman Primordialisme

Abba Gabrillin
Kompas.com - 28/06/2017, 07:53 WIB
KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Umat muslim menunaikan Shalat Idul Fitri 1438 Hijriah di Pelabuhan Sunda Kelapa, Minggu (25/6/2017). Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1438 Hijriah atau Idul Fitri jatuh pada hari ini. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

JAKARTA, KOMPAS.com - Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri 1438 H kepada seluruh umat Muslim di Indonesia.

PGI menilai, Idul Fitri kali ini merupakan momentum untuk memperkuat persaudaraan di tengah ancaman primordialisme agama.

"Setelah melawati masa-masa puasa, saudara-saudara Muslim telah memenangkan perjuangan melawan segala bentuk hawa nafsu. Kita layak bersyukur dengan kemenangan ini," ujar Sekretaris Umum PGI Gomar Gultom, Rabu (28/6/2017).

Gultom mengatakan, dalam momentum Lebaran ini, PGI mengajak seluruh umat untuk bersama-sama membangun persaudaraan dan perdamaian sejati di tengah masyarakat yang majemuk.

Hal ini dinilai penting mengingat akhir-akhir ini banyak ancaman perpecahan yang menggunakan pendekatan primordialisme keagamaan.

Menurut Gultom, momentum Lebaran bisa digunakan oleh seluruh umat beragama untuk saling bersilaturahim dan menunjukan sikap saling menghargai.

Setiap umat beragama diminta untuk tidak menunjukkan sikap lebih tinggi dengan agama lain yang berbeda.

"Primordialisme keagamaan ini bisa menciptakan segregasi dalam masyarakat, dan tentu akan menjadi kemunduran dalam kehidupan kita berbangsa dan bermasyarakat," kata Gultom.

PenulisAbba Gabrillin
EditorSandro Gatra
Komentar

Close Ads X