Survei "Kompas": Kepuasan terhadap Pemerintahan Jokowi-JK Menurun - Kompas.com

Survei "Kompas": Kepuasan terhadap Pemerintahan Jokowi-JK Menurun

Robertus Belarminus
Kompas.com - 30/05/2017, 11:32 WIB
Fabian Januarius Kuwado Presiden Joko Widodp dan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (29/5/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com – Survei yang dilakukan Litbang Kompas menunjukkan bahwa tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla secara umum mengalami penurunan dalam satu tahun belakangan.

Hasil survei ini dipublikasikan pada Selasa (30/5/2017)

Penurunan tersebut terjadi di empat sektor bidang yang disurvei yakni di bidang politik dan keamanan, hukum, ekonomi, serta kesejahteraan sosial.

Pada Januari 2015, kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Kalla pada empat bidang tersebut berada pada 65,1 persen.

Sementara, yang menyatakan tidak puas 34,9 persen.

Pada April 2015, kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Kalla turun menjadi 53,8 persen, sedangkan yang tidak puas 46,2 persen.

Adapun pada Oktober 2015, kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Kalla mengalami kenaikan sebesar 54,3 persen, sedangkan yang tidak puas 45,7 persen.

Baca: Survei "Kompas": 63,1 Persen Puas Kinerja Pemerintahan Jokowi

Pada tahun 2016, kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Kalla juga menurun.

Pada April 2016, kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Kalla sebesar 67,4 persen,  sedangkan yang tidak puas 32,6 persen.

Kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Kalla kembali menurun menjadi 65,9 persen pada Oktober 2016. Sedangkan yang tidak puas 34,1 persen.

Sementara, pada April 2017, kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Kalla kembali menurun menjadi 61,3 persen, dan yang tidak puas 36,9 persen.

Menurut Peneliti Litbang Kompas Bambang Setiawan, penurunan tersebut akibat lanskap politik dan sosial yang berubah drastis selama satu tahun terakhir.

Tak heran jika kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Kalla berubah.

Kepuasan cenderung menurun meskipun belum terlalu signifikan membalikkan dukungan.

“Jika rata-rata kepuasan terhadap semua indikator dalam empat bidang (politik dan keamanan, hukum, ekonomi, serta kesejahteraan sosial) pada tahun sebelumnya menunjukkan angka 67,4 persen, akhir April lalu turun menjadi 63,1 persen,” kata Bambang, seperti dikutip dari Harian Kompas, Selasa (30/5/2017).

Namun, penurunan ini, kata Bambang, tidak signifikan melampaui persentase kepuasan pada awal pemerintahan. 

Pada tiga bulan pertama, kepuasan atas pemerintahan Jokowi-Kalla 65,1 persen.

Tulisan ini disarikan dari berita Kompas, 30 Mei 2017, berjudul "Lanskap yang Mengubah Kepuasan".

PenulisRobertus Belarminus
EditorInggried Dwi Wedhaswary
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM