Jokowi Lantik Enam Kepala Daerah - Kompas.com

Jokowi Lantik Enam Kepala Daerah

Fabian Januarius Kuwado
Kompas.com - 12/05/2017, 16:42 WIB
Fabian Januarius Kuwado Suasana pelantikan lima gubernur dan enam wakil gubernur di Istana Negara, Jakarta, Jumat (12/5/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo melantik lima gubernur dan enam wakil gubernur di Istana Negara, Jakarta, Jumat (12/5/2017) hasil pilkada serentak 2017.

Pengamatan Kompas.com, acara pelantikan didahului dengan prosesi penyerahan petikan Keputusan Presiden tentang Pelantikan Kepala Daerah Terpilih pada pukul 15.30 WIB. Prosesi ini dilaksanakan di Istana Merdeka.

Setelah itu, Presiden Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memimpin barisan para kepala daerah tersebut berjalan dari Istana Merdeka ke Istana Negara.

Rombongan barisan tersebut dilengkapi dengan drumb band pada bagian belakang. Prosesi perjalanan ini diberi tajuk kirab budaya.

(Baca juga: Jokowi Lantik Lima Gubernur Baru, Didahului dengan Kirab Budaya)

Prosesi pelantikan itu sendiri dilakukan pada pukul 16.00 WIB. Pelantikan diawali dengan pembacaan keputusan presiden pengangkatan para kepala daerah itu oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Cecep Sutiawan.

Berikut nama kepala daerah periode 2017-2022 yang dilantik Presiden :

1. Gubernur Banten Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumi;
2. Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan dan Wakil Gubernur Abdul Fatah;
3. Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dan Wakil Gubernur Mohammad Lakotani;
4. Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar dan Wakil Gubernur Enny Anggraeny;
5. Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim;
6. Wakil Gubernur Riau sisa periode 2014-2018, Wan Thamrin Hasyim.

Usai pembacaan surat keputusan presiden, prosesk pelantikan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh rohaniwan dan dipandu langsung oleh Presiden Jokowi.

Acara kemudian dilanjutkan kembali dengan penandatanganan berita acara pelantikan dan ditutup dengan pemberian ucapan selamat dari para tamu.

Hadir dalam upacara pelantikan tersebut, Presiden ketiga B.J Habibie, Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, jajaran menteri kabinet kerja hingga pimpinan DPR RI dan MPR RI.

Kompas TV Presiden Chile, Michelle Basyelet datang ke Indonesia atas undangan Presiden Jokowi.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisFabian Januarius Kuwado
EditorBayu Galih
Komentar

Close Ads X