Ini Jadwal Pelantikan Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak 2017 - Kompas.com

Ini Jadwal Pelantikan Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak 2017

Moh. Nadlir
Kompas.com - 11/05/2017, 17:56 WIB
MOH NADLIR/KOMPAS.com Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo Menjadi Pembicara Dalam Rangkaian Acara Pembukaan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2017, di Istana Wakil Presiden Jakarta, Kamis (4/5/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah setingkat gubernur dan wakil gubernur hasil Pilkada serentak 2017 dibagi menjadi tiga tahapan waktu.

Mereka akan dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta.

"Bulan Mei daerah Banten, Bangka Belitung, Riau, Sulawesi Barat, Papua Barat, Gorontalo. Bulan Juli daerah Aceh. Bulan Oktober, daerah DKI Jakarta," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melalui pesan singkat, Kamis (11/5/2017).

Sedangkan untuk pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah setingkat bupati/wali kota akan digelar serentak dalam satu tahap, di masing-masing ibu kota provinsi. Para bupati dan wali kota terpilih ini akan dilantik oleh gubernur.

"Pelantikan bupati/wali kota di ibu kota provinsi oleh Gubernur, pada tanggal 22 Mei 2017," ujar Tjahjo.

Terdekat, Jumat besok (12/5/2017), akan ada lima gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil Pilkada serentak 2017 yang akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta.

Mereka adalah kepala daerah, Banten, Gorontalo, Sulawesi Barat, Bangka Belitung, Papua Barat. Wakil Gubernur Riau akan disertakan dalam pelantikan tersebut. 

Lima gubernur itu dilantik terlebih dahulu karena akhir masa jabatan (AMJ) gubernur sebelumnya telah habis di akhir tahun lalu dan awal serta pertengahan tahun ini.

(Baca: Istana Gelar Pelantikan Lima Gubernur Jumat Ini)

Antara lain, Gubernur Banten habis pada 11 Januari 2017, Gubernur Gorontalo pada 16 Januari 2017, Gubernur Papua Barat pada 17 Januari 2017.

Gubernur Sulawesi Barat pada 14 Desember 2016, kemudian Gubernur Bangka Belitung habis pada 7 Mei 2017.

Kompas TV Menteri Dalam Negeri RI Tjahajo Kumolo menyatakan terjadi pembengkakan dana penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2017.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisMoh. Nadlir
EditorKrisiandi
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM