Ketua Komisi II Imbau Semua Pihak Hormati Hasil Resmi KPU DKI - Kompas.com

Ketua Komisi II Imbau Semua Pihak Hormati Hasil Resmi KPU DKI

Rakhmat Nur Hakim
Kompas.com - 21/04/2017, 15:30 WIB
KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Ketua Komisi II DPR RI Zainuddin Amali di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (27/3/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi II Zainudin Amali yakin hasil resmi yang akan diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta tak akan berbeda jauh dengan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei.

Berdasarkan hitung cepat, pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno unggul suara atas pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat. 

"Sehingga hasil yang akan diumumkan oleh KPU pada Mei nanti saya kira jadi hasil final. Apalagi, pasangan Basuki dan Djarot sudah sampaikan selamat dan akui pemenang putaran kedua, Anies-Sandi," ujar Amali di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (21/4/2017).

(Baca: Kata Kemenlu soal Pandangan MiringMedia Asing Terkait Pilkada DKI...)

Ia pun menilai pelaksanaan Pilkada DKI secara keseluruhan berjalan lancar meskipun ada beberapa hambatan seperti ketidaklengkapan daftar pemilih tetap (DPT) dan kekisruhan di beberapa TPS.

Namun, menurut politisi Golkar itu, itu merupakan hal yang wajar sebab hanya terjadi dalam skala kecil.

"Masyarakat harus bisa terima itu (hasilnya). Dinamika yang muncul sebelum putaran pertama dan kedua segera kita sudahi setelah tanggal 19 kemarin. Kita rangkai lagi hubungan sesama warga Jakarta," lanjut Amali.

Setelah mengetahui hasil hitung cepat pada Rabu (19/4/2017) sore, Ahok-Djarot langsung menerima kekalahan.

(Baca: Pilkada DKI dan Prospek Pencapresan Prabowo dan Jokowi Tahun 2019)

Pasangan petahana itu mengucapkan selamat kepada Anies-Sandi. Ahok dan Djarot juga berpesan kepada para pendukungnya untuk menerima hasil tersebut.

"Kepada pendukung kami, kami mengerti pasti sedih kecewa, tapi ngga apa-apa. Percayalah kekuasaan itu Tuhan yang kasih, Tuhan yang ambil," kata Ahok.

"Tak ada seorang pun bisa menjabat tanpa seizin Tuhan. Semua ngga usah terlalu dipikirkan," katanya lagi.

Kompas TV Pimpinan DPR mengapresiasi pelaksanaan pilkada DKI Jakarta putaran kedua.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisRakhmat Nur Hakim
EditorKrisiandi
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM