Direstui Jokowi, Naturalisasi Ezra Walian Tunggu Persetujuan DPR - Kompas.com

Direstui Jokowi, Naturalisasi Ezra Walian Tunggu Persetujuan DPR

Fabian Januarius Kuwado
Kompas.com - 24/01/2017, 19:30 WIB
KOMPAS.com/Sabrina Asril Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo merestui naturalisasi striker blasteran Indonesia-Belanda, Ezra Harm Ruud Walian (19).

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan, pemerintah sudah melayangkan surat permohonan naturalisasi Ezra kepada DPR RI.

"Presiden sudah menandatangani persetujuan (naturalisasi). Ya tinggal DPR memanggil kami ke Komisi III, diminta resminya, kok (eksekutif) memberikan rekomendasi naturalisasi," ujar Imam, di Kompleks Istana Presiden, Selasa (24/1/2017).

Ketua PSSI Edy Rahmayadi menambahkan, kebijakan menaturalisasi pemain sepak bola merupakan bagian dari kebijakan pembinaan jangka pendek.

Apalagi, Indonesia akan menghadapi perhelatan olahraga akbar pada 2017 dan 2018 ini, yakni SEA Games dan Asian Games.

"Kita harus ambil juara. Kita cari pemain lokal, kalau tidak cukup, baru cari naturalisasi yang separuh wajah Indonesia dan separuh wajah luar," ujar Edy.

"Banyak pemain Indonesia di luar negeri. Kita ketuk nasionalismenya, mudah-mudahan mereka pulang ke Indonesia," lanjut dia.

PSSI dan Kemenpora sudah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri untuk memantau pemain sepak bola blasteran Indonesia yang berkiprah di luar negeri agar bisa dinaturalisasi.

PenulisFabian Januarius Kuwado
EditorInggried Dwi Wedhaswary
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM