Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Panser Anoa Disiapkan di Parkiran Kompleks Istana untuk Antisipasi Demo 4 November

Kompas.com - 04/11/2016, 09:48 WIB
Ihsanuddin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Empat kendaraan taktis panser Anoa milik TNI disiapkan di Parkiran Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. Hal tersebut terkait antisipasi demo 4 November 2016.

Pantauan Kompas.com, empat Anoa itu dibawa masuk ke parkiran di Jalan Veteran III, seberang kantor Wapres, sekitar pukul 08.30 WIB, Jumat (4/11/2016).

Belasan pasukan pengamanan presiden yang menggunakan pakaian dinas serba hitam dan baret biru langsung melakukan pengecekan terhadap keempat panser buatan PT Pindad itu.

Ada yang melakukan pengecekan terhadap bagian persenjataan yang ada di bagian luar panser.

(Baca: Demo 4 November, Arus Kendaraan dari Tugu Tani Dialihkan)

Ada pula anggota Paspampres yang mengecek di bagian dalam. Kendaraan militer tersebut disiapkan untuk mengawal demonstrasi yang akan dilakukan sejumlah anggota ormas Islam di sekitar Kompleks Istana, Jumat siang ini.

Demo 4 November tersebut untuk menuntut proses hukum terhadap bakal calon gubernur DKI Jakarta Nomor Urut 2 Basuki Tjahaja Purnama yang dianggap telah menistakan agama.

Polisi memprediksi 35.000 orang bakal hadir dalam aksi tersebut. Rencananya, pengunjuk rasa akan bergerak dari Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, seusai menunaikan shalat Jumat.

Selanjutnya, massa akan bergeser ke depan Istana Merdeka. "Ini untuk jaga-jaga saja, antisipasi," ujar salah satu anggota Paspampres.

(Baca: Cara Kreatif Polisi Mengamankan Demo 4 November)

Sebelumnya, pada Kamis (3/11/2016) siang, Beberapa helikopter TNI Angkatan Darat, mondar-mandir terbang rendah di atas Istana Kepresidenan, Jakarta.

Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen TNI Sabrar Fadhilah mengatakan, personel TNI tengah mengadakan latihan dalam rangka pengamanan unjuk rasa.

Kompas TV Demo 4 November, Polri: Tak Perlu Ada Kekhawatiran

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com