Ini Penjelasan Mabes Polri Soal Pemberitahuan Siaga I Brimob - Kompas.com

Ini Penjelasan Mabes Polri Soal Pemberitahuan Siaga I Brimob

David Oliver Purba
Kompas.com - 30/10/2016, 05:09 WIB
Ambaranie Nadia K.M Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar membantah pemberitahuan siaga I yang ditandatangani oleh Wakil Komandan Korps Brimob Brigjen Anang Revandoko mengindikasikan bahwa terjadi masalah di tanah air.

Boy mengatakan, pemberitahuan tersebut bersifat internal dan bertujuan agar personel Brimob tidak mengambil cuti atau izin menjelang pilkada serentak yang akan berlangsung tahun depan.

Hal itu dilakukan mengingat jumlah Brimob yang terbatas sedangkan jumlah personel yang dibutuhkan untuk pengamanan pilkada terbilang tidak sedikit.

"Itu instruksi kepada anak buahnya, karena Brimob yang ada ini kan akan dibagi-bagi ke Polda yang membutuhkan. Karena kebutuhan (Brimob) banyak tapi jumlahnya terbatas terpaksa siaga 1 kaitannnya dengan hak-hak liburan dan sebagainya," ujar Boy di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (29/10/2016).

Boy menambahkan, pihaknya telah melakukan pemetaan terhadap daerah yang rawan konflik. Saat ditanyakan apakah Pilkada DKI termasuk ke rawan konflik, Boy enggan menjawab.

"Setiap daerah pasti memiliki potensi kerawanan," ujar Boy.

(Baca:  Antisipasi Gangguan Keamanan di Pilkada, Personel Brimob Diminta Siaga I)

PenulisDavid Oliver Purba
EditorAprillia Ika
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM