Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY Dinobatkan sebagai Bapak Museum Indonesia

Kompas.com - 15/10/2016, 19:51 WIB
Dimas Jarot Bayu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono mendapatkan penghargaan sebagai Tokoh Peduli Museum (sebelumnya tertulis "Bapak Museum Indonesia). Pemberian penghargaan berlangsung di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu (15/10/2016).

SBY mendapat anugerah Adi Budaya Nusantara sebagai tokoh museum nasional oleh Komunitas Jelajah dalam ajang Museum Awards 2016.

Ketua Dewan Juri Museum Awards 2016 Wiendu Nuryanti mengatakan, penghargaan tersebut diberikan karena dedikasi dan kontribusi SBY selama sepuluh tahun memimpin Indonesia dalam bidang permuseuman.

Menurut Wiendu, selama menjadi presiden, SBY memberikan perhatian lebih dalam bidang museum. Ini terbukti dari kegiatan dan gerakan yang diprakarsai SBY, seperti Gerakan Nasional Cinta Museum, Tahun Kunjung Museum, dan Gerakan Nasional Revitalisasi Museum.

"Dengan prestasi ini, maka sungguh amat tepat jika tokoh peduli museum kali ini kami nobatkan kepada Bapak Susilo Bambang Yudhoyono," ucap Wiendu.

SBY berterima kasih kepada dewan juri dan Asosiasi Museum Indonesia karena telah mendaulat dirinya sebagai Bapak Museum Indonesia.

"Dengan rasa syukur, hormat, dan bangga saya terima anugerah yang telah diberikan kepada saya," ucap SBY.

SBY mengatakan, kecintaannya terhadap museum sudah tercipta sejak muda. Kecintaannya tersebut juga berkat jasa istrinya, Ani Yudhoyono.

"Ibu Ani dan saya sejak muda sangat mencintai museum. Ibu Ani mencintai sejarah, saya mencintai seni budaya. Kami berdua mencintai warisan sejarah seni budaya," ucap SBY.

SBY menampik anggapan bahwa pemberian apresiasi yang tinggi terhadap warisan sejarah dan budaya hanya bisa dimiliki oleh bangsa dengan peradaban tinggi.

Menurut SBY, kecintaan terhadap warisan sejarah dan budaya Indonesia, khususnya di museum, tidak perlu menunggu Indonesia menjadi negara maju.

"Saya bilang tidak begitu. Tidak perlu menunggu. Mulai sekarang pun mari kita bersama mencintai dan mengapresiasi warisan sejarah dan budaya," kata SBY.

Selain SBY, seniman I Nyoman Gunarsa juga mendapatkan penghargaan dalam Museum Awards 2016.

Nyoman mendapatkan penghargaan Pengabdian Sepanjang Masa karena dedikasi dan kontribusinya terhadap seni budaya dan museum.

Penghargaan ini meliputi sepuluh anugerah yang dibagi menjadi kategori utama, tematik, dan khusus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com