Bertemu Wiranto, Eurico Guterres Bahas Permasalahan Warga Eks Timor Timur di Indonesia - Kompas.com

Bertemu Wiranto, Eurico Guterres Bahas Permasalahan Warga Eks Timor Timur di Indonesia

Kristian Erdianto
Kompas.com - 12/10/2016, 13:49 WIB
Kristian Erdianto Ketua Umum Uni Timor Aswain (Untas) Eurico Guterres (batik biru) saat ditemui di kantor Kementerian Politik, Hukum dan Keamanan, Jakarta Pusat, pada Rabu (12/10/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Uni Timor Aswain (Untas), Eurico Guterres, mendatangi kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Eurico tiba sekitar pukul 12.30 WIB dengan mengenakan batik lengan pendek berwarna biru tua.

Eurico menuturkan, maksud kedatangannya tersebut untuk beraudiensi dengan Menko Polhukam Wiranto terkait kondisi warga eks Timor Timur yang sebagian besar menetap di Nusa Tenggara Timur.

"Rencananya saya dengan Pak Menko akan membicarakan persoalan warga eks Timtim, supaya mereka mendapat perhatian dari pemerintah," ujar Eurico saat ditemui di kantor Kemenko Polhukam.

Namun, Eurico belum mau mengatakan secara detail mengenai persoalan apa yang akan dibahas bersama Wiranto.

Untas merupakan organisasi yang menaungi ribuan warga eks Timor Timur yang memilih menjadi warga Indonesia.

Mereka menolak hasil jajak pendapat 1999 dan menarik diri dari seluruh proses jajak pendapat, serta menolak intervensi asing di wilayah itu.

Pada 2013 ribuan warga eks Timor Timur yang kini tinggal di Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur pernah mengeluhkan nasib mereka pada Komisi Nasional HAM. Mereka merasa tak mendapat perhatian serius dari Pemerintah Indonesia.

PenulisKristian Erdianto
EditorBayu Galih
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM