Perpustakaan Nasional Gelar Malam Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka - Kompas.com

Perpustakaan Nasional Gelar Malam Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka

Fachri Fachrudin
Kompas.com - 16/08/2016, 20:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perpustakaan Nasional menggelar malam penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka, di Balai Kartini, Jakarta Pusat, Selasa (16/8/2016).

Kepala Humas Perpustakaan Nasional Nurhadisaputra mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk penghargaan tertinggi yang diberikan Perpustakaan Nasional kepada pihak-pihak yang dinilai telah berkontribusi besar bagi pengembangan perpustakaan dan minat baca di daerahnya.

"Kiprah dan latar belakang mereka sangat beragam. Ada yang mendirikan taman baca di sela-sela aktivitasnya menjadi penambal ban, penjual jamu keliling, berkeliling pulau dengan perahu bermuatan buku, dan lain-lain," ujar Nurhadisaputra.

Nugra Jasadarma Pustaloka, kata dia, juga diberikan kepada para pemimpin daerah yang dianggap berhasil memfasilitasi dan mendorong budaya membaca dengan menyediakan berbagai sarana dan prasarana.

"Hal ini menjadi penting dilakukan karena minat baca merupakan modal dasar untuk memperbaiki minat baca masyarakat saat ini," kata dia.

"Perpustakaan merupakan media penerang terhadap perkembangan intelektual masyarakat," tambah Nurhadisaputra.

Dalam gelaran penghargaan ini, ada 13 kategori penghargaan yang akan diberikan, baik dari elemen masyarakat, instansi, maupun unsur pemerintah.

Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando dan Duta Baca Indonesia 2016 Najwa Shihab.

PenulisFachri Fachrudin
EditorInggried Dwi Wedhaswary
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM