Ani Yudhoyono Bicara soal Kerbau "Si BuYa" - Kompas.com

Ani Yudhoyono Bicara soal Kerbau "Si BuYa"

Krisiandi
Kompas.com - 12/08/2016, 08:06 WIB
Roderick Adrian Mozes Rosiana Silalahi saat mewawancarai Susilo Bambang Yudhoyono dan keluarga di acara "Rosi dan Keluarga SBY" di studio Kompas TV, Rabu (10/8/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Unjuk rasa 100 hari pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, 28 Januari 2010, menarik perhatian media.

Itu karena pendemo membawa kerbau berkulit hitam ditulisi "Si BuYa". Bagian bokongnya ditempeli gambar pria berpeci dengan tulisan bernada seruan "Turun!".

Media televisi memutar gambar kerbau itu berulang, sejak pagi hingga malam. Presiden Yudhyono pun berkomentar ihwal unjuk rasa tersebut sebelum memimpin rapat pada 2 Februari 2010.

Mantan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan itu meminta masyarakat yang berdemo memperhatikan norma kepantasan.

Setidaknya, setelah reaksi itu, Yudhoyono memperlihatkan pada publik bahwa dia tersinggung oleh Kerbau "Si Buya". Sementara sang istri, Ani Yudhyono tak pernah memperlihatkan kekecewaan dan rasa sakit hatinya kepada masyarakat.

Baru di acara "Rosi dan Keluarga SBY" di Kompas TV, Ani bicara. Tindakan para pendemo itu membuatnya sangat sakit hati. Bahkan sampai menangis. 

"Kalau fitnah, kemudian hinaan yang saya sendiri tidak bisa menahannya, terutama ya mungkin semua rakyat Indonesia masih ingat, seekor kerbau ditulisi SBY menyakitkan sekali di hati saya, itulah kenapa saya sampai menangis," ujar anak dari mantan Danjen Kopassus Letnan Jenderal (Purn) Sarwo Edhie Wibowo itu.

Dia yakin, semua istri akan bereaksi jika suaminya dihina sedemikan rupa. Dia bahkan menggunakan istilah "baper" atau bawa perasaan.

"Apa iya sih ada seorang istri yang diam saja kalau suaminya dibegitukan. Saya kira semua pasti baper, dibawa perasaan," kata Ani.

SBY yang duduk di sebelah Ani tekun mendengarkan. Duduk pula di sofa yang sama dua cucu Ani, Almira Tunggadewi Yudhoyono dan Airlangga Satriadhi Yudhoyono.   

"Kalau sudah sangat dalam, hatinya itu seperti teriris, seperti luka yang ditetesi jeruk nipis. Perih. begitu rasanya."

Komentar Ani selengkapnya bisa disaksikan di acara "Rosi dan Keluarga SBY" di Kompas TV, Jumat (12/8/2016), pukul 20.00 WIB.    

Selain pengakuan Ani, acara tersebut juga membahas gaya bicara putra-putra Yudhoyono yang kian mirip ayahnya. Rosiana Silalahi, pemimpin redaksi Kompas TV yang juga host acara tersebut bertanya mengapa itu bisa terjadi.

Keluarga SBY serta penonton di studio pun tertawa. Selain itu, di acara itu pula, para menantu SBY bicara banyak hal. Termasuk Anisa Pohan, istri Agus Harimurti Yudhoyono, yang mengaku kangen terjun lagi ke dunia keartisan.

"Kangen sih, tapi belum laku," katanya yang lagi-lagi disambut gelak tawa.

      
 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKrisiandi
EditorBayu Galih
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM