Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

MPR Siap Laksanakan Sidang Tahunan 2016

Kompas.com - 08/08/2016, 14:25 WIB
advertorial

Penulis

Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono menyampaikan tiga agenda besar MPR di bulan Agustus ini. Pertama, Sidang Tahunan MPR yang berlangsung pada tanggal 16 Agustus 2016 pukul 09.00 sampai pukul 10.30 WIB.

Ma’ruf menyatakan Sidang Tahunan MPR merupakan amanat dari Tata Tertib MPR. Sidang Tahunan MPR menjadi forum untuk menyampaikan akuntabilitas dan kinerja lembaga negara. Melalui sidang ini, Ma’ruf berharap masyarakat bisa mengetahui kinerja lembaga-lembaga negara selama ini.

“Karena bagaimana pun ini adalah amanat peraturan tata tertib yang sesungguhnya menginginkan agar akuntabilitas dan kinerja lembaga-lembaga negara sampai kepada masyarakat,” tutur Ma’ruf dalam konferensi pers di Ruang Rapat Pimpinan MPR, Gedung Nusantara III Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (8/8/2016).

Sama seperti tahun sebelumnya, agenda utama dalam Sidang Tahunan MPR 2016 ialah mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo, sehingga tak ada pengambilan keputusan di dalamnya. Oleh karena itu, tidak tepat bila ada anggota MPR yang interupsi di Sidang Tahunan MPR.

“Momentumnya tidak tepat dan tidak perlu ada yang diinterupsi karena hanya mendengarkan pidato Presiden saja," ujar Ma’ruf.

Hari Konstitusi dan ulang tahun MPR

Dua agenda besar lainnya ialah pelaksanaan Hari Konstitusi, 18 Agustus 2016, dan ulang tahun MPR, 29 Agustus 2016. Pada peringatan Hari Konstitusi akan ada babak final Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR RI.

Finalis Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR RI berasal dari seluruh provinsi di Indonesia dan akan bertarung di Jakarta 18 Agustus mendatang. Peringatan Hari Konstitusi ini dimaksudkan untuk memberi kesadaran konstitusi kepada masyarakat.

Sementara hari ulang tahun MPR akan diperingati dengan kegiatan MPR Berdzikir. Menurut Ma’ruf, ini kali pertama hari ulang tahun MPR diperingati. Ia menuturkan, tahun ini ulang tahun MPR bukan sekadar dirayakan, tetapi juga memberi dampak positif bagi masyarakat.

“Nanti akan mengundang seluruh elemen masyarakat serta dai yang menyampaikan doa bersama dan ceramah. Kegiatan ini tidak hanya seremonial tapi juga memberi dampak positif buat masyarakat dalam upaya kita terus menerus mensosialiasikan Empat Pilar," kata Ma'ruf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com