Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2016, 15:40 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Peneliti Senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro memprediksi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tak akan maju sendirian dalam kontestasi Pilgub DKI Jakarta 2017.

Siti menduga akan ada pasangan calon lain dari partai koalisi selain koalisi pengusung Ahok. Menurutnya, tak menutup kemungkinan Sandiaga Uno, yang telah resmi diusung Partai Gerindra, nantinya akan disandingkan dengan kader partai lain.

"Menunjukan bahwa Gerindra ini enggak bisa usung sendiri, harus berkoalisi. Pak Sandiaga dipersiapkan untuk cawagub kelihatannya, tidak tertutup kemungkinan bisa berkoalisi dengan PDI-P atau partai-partai lainnya," kata Siti di Jakarta, Sabtu (30/7/2016).

PDI-P sebagai partai pemenang di DKI, menurut Siti memiliki semacam gengsi dalam memajukan kadernya. Ia menambahkan, jika Partai Gerindra ke depannya berkoalisi dengan PDI-P dan mampu memilih sosok kuat untuk disandingkan dengan Sandiaga, maka tak menutup kemungkinan pula Ahok akan terlampaui.

"Kita lihat dulu. Yang jelas, kalau yang diusung PDI-P sosok yang fenomenal, Ahok lewat," ujar Siti.

Beberapa contoh sosok yang dianggap fenomenal, kata Siti, misalnya Tri Rismaharini atau Djarot Saiful Hidayat. Selain memiliki reputasi baik di mata publik, keduanya juga merupakan kader tulen PDI-P.

Adapun mengenai Djarot, kata Siti, tak bisa diremehkan. Dalam penelitiannya selama 2009 hingga 2011, Djarot berhasil memimpin Kota Blitar selama dua periode tanpa cacat.

"Dia juga bagus di berita. Hanya saja orangnya diam," kata Siti. (Baca: Ahok Pastikan Maju di Pilkada DKI Tanpa PDI-P)

Ahok sebelumnya memutuskan maju melalui jalur partai politik dalam Pilkada DKI 2017. Tiga parpol sudah menyatakan mendukung Ahok, yakni Partai Golkar, Partai Nasdem dan Partai Hanura. Sedangkan Partai Gerindra, sudah memutuskan pilihan calon gubernurnya.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akhirnya memilih Wakil Ketua Dewan Pembina Sandiaga Uno sebagai calon gubernur dalam Pilkada DKI 2017. (Baca: Prabowo Pilih Sandiaga Uno sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta dari Partai Gerindra)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com