Abu Bakar Baasyir Dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur, Bogor - Kompas.com

Abu Bakar Baasyir Dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur, Bogor

Abba Gabrillin
Kompas.com - 16/04/2016, 12:55 WIB
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA Terdakwa kasus terorisme Abu Bakar Baasyir menjalani persidangan dengan agenda pemeriksaan saksi, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (24/3/2011). Ba'asyir didakwa terlibat dalam pelatihan terosis di Aceh dan beberapa aksi terorisme di tanah air.

JAKARTA, KOMPAS.com - Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir dipindahkan dari Lembaga Pemasyarakatan Pasir Putih, Nusakambangan, Jawa Tengah, ke Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat. Pemindahan dilakukan pada Sabtu (16/4/2016) pagi.

"Hari ini dipindahkan dua orang warga binaan, yaitu atas nama ABB dan MN, kasus tindak pidana terorisme dari Lapas Pasir Putih NK, Jawa Tengah, ke Lapas Gunung Sindur, Jawa Barat," ujar Kepala Sub Direktorat Komunikasi Ditjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Akbar Hadi, Sabtu.

Menurut Akbar, Baasyir dipindahkan bersama seorang terpidana kasus terorisme lainnya yaitu, Muhammad Natsiruddin alias Cecep alias Tegar. Keduanya diberangkatkan dari Lapas Pasir Putih, Nusakambangan menuju Pelabuhan Sodong, pada pukul 08.45 WIB.

Kemudian, pada pukul 09.15 WIB, Baasyir dan dan Natsuruddin diberangkatkan dari Pelabuhan Sodong menuju Bandara Tunggul Wulung, Cilacap.

Baasyir dan Natsiruddin diberangkatkan dari Cilacap menuju Bandara Pondok Cabe, Tangerang. Keduanya kemudian dibawa ke Lapas Gunung Sindur.

Proses pemindahan mendapat pengawalan dari petugas pengamanan dan dokter dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan dibantu satu peleton petugas dari Brimob.

"Pemindahan ABB dimaksudkan untuk alasan kemanusiaan agar akses untuk perawatan kesehatannya lebih mudah," kata Akbar.

PenulisAbba Gabrillin
EditorFarid Assifa
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM