Kumpulkan Kepala Daerah, Jokowi Ingin Pusat dan Daerah Sejalan - Kompas.com

Kumpulkan Kepala Daerah, Jokowi Ingin Pusat dan Daerah Sejalan

Fabian Januarius Kuwado
Kompas.com - 08/04/2016, 11:48 WIB
Fabian Januarius Kuwado Suasana Presiden Joko Widodo saat rapat kerja pemerintah bersama kepala daerah se-Indonesia di Istana Negara, Jumat (8/4/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menggelar rapat kerja pemerintah tahun 2016 di Istana Negara, Jumat (8/4/2016). Para kepala daerah, mulai dari gubernur, bupati hingga wali kota dari seluruh Indonesia hadir dalam rapat tersebut.

Presiden memberikan pengarahan langsung kepada kepala daerah tentang mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif dan efisien. Pemerintah pusat dan daerah pun harus sinergis.

"Jangan sampai kebijakan atau program pemerintah pusat tidak dapat terlaksana dengan baik di daerah akibat tidak adanya pemahaman yang sama," ujar Kepala Pusat Kementerian Dalam Negeri Dodi Riyatmaji sebelum acara.

Setidaknya, ada dua poin penting yang disampaikan Presiden. Pertama, yakni ketepatan program kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Pemerintah daerah harus mengutamakan program-program yang langsung dapat dirasakan oleh masyarakat.

Kedua, yakni soal memangkas aturan atau regulasi yang menghambat proses pembangunan.

Dalam kesempatan itu, hadir 185 orang bupati beserta para wakilnya, 30 wali kota beserta wakilnya serta para gubernur termasuk yang baru saja dilantik hasil dari pemilihan umum kepala daerah beberapa waktu lalu.

PenulisFabian Januarius Kuwado
EditorSandro Gatra
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM