Senin, 27 Maret 2017

Nasional

Terkait PSSI, Jokowi Akui Sudah Bicara dengan FIFA

Minggu, 3 April 2016 | 22:43 WIB
Anju Christian / Kompas.com Perwakilan FIFA dan AFC mengunjungi Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Selasa (2/11/2015).

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo menanggapi polemik PSSI yang belum juga menemui titik terang. Ia mengaku, pemerintah sudah membicarakan masalah ini dengan FIFA.

"Ya, ini urusan PSSI. Jadi pemerintah sudah berbicara dengan FIFA yang baru. Sudah ketemu dua kali untuk menyelesaikan PSSI," kata Jokowi seusai pertandingan final Bhayangkara Cup di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (3/4/2016).

Jokowi menolak membeberkan hasil pertemuan dengan FIFA. Namun, ia berharap, masalah PSSI akan selesai sebelum Kongres FIFA berlangsung.

"Kita harapkan sebelum FIFA nanti kongres di bulan Mei, kita harapkan sudah selesai," ujarnya.



Terkait dengan pencabutan pembekuan PSSI, Jokowi menyebut ada tahapan yang harus dilalui.

"Ada tahapan-tahapan yang terus akan kita lakukan agar semua sesuai dengan reformasi total yang kita harapkan untuk PSSI," ucapnya.

Di samping itu, Jokowi juga menambahkan, pertengahan tahun ini, liga sepak bola akan dihidupkan kembali.

"Melibatkan mungkin 70-80 (tim)," tambahnya.

Pemerintah membekukan PSSI karena tidak mematuhi teguran tertulis yang dikeluarkan Kemenpora. Kini, pemerintah meminta PSSI menggelar kongres luar biasa dan lebih terbuka terhadap publik.

Selain itu, belum lama ini, Ketua Umum PSSI La Nyalla Mattalitti ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Timur dalam kasus dana hibah Kadin Jawa Timur tahun 2012.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Nibras Nada Nailufar
Editor : Farid Assifa